Tonjolan di selangkangan sebelah kanan

RX Info Penanya: RX, Pria, 2019 Tahun
Malem dok Tonjolan di selangkangan sebelah kanan jika bab kenak jepitan jadi merasa nyeri karena terdorong perut tapi tonjolan masih sedangan kalau boleh tau biar gak terlalu parah waktu mual ada tarik an dari tonjolan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RXT,

Timbulnya penonjolan di selangkangan dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti diantaranya:

  • Lipatan kulit atau pertumbuhan kulit berlebih
  • Sel lemak yang tumbuh tidak normal atau disebut lipoma
  • Adanya pembesaran kelenjar getah bening di area pangkal paha
  • Terjadi hernia atau penonjolan akibat isi dari rongga perut menembus jaringan otot yang lemah

Pada hernia sendiri jenisnya dan letaknya dapat beragam dimana salah satu yang dapat terjadi adalah hernia inguinal yang letaknya di perut dekat pangkal paha. Dapat menimbulkan gejala seperti tonjolan di sekitar pangkal paha, sakit atau tidak nyaman pada pangkal paha, terutama saat membungkuk, batuk, atau mengangkat barang berat, rasa tertarik pada pangkal paha, kelemahan atau tekanan pada pangkal paha.

Untuk itu ada baiknya memeriksakan kondisi Anda pada dokter agar dicari tahu penyebabnya. Penangan awal yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari aktivitas berat, kompres bagian yang menonjol dengan es, berbaring dengan meletakkan panggul lebih tinggi dari kepala, dan perlu segera di tangani jika timbul mual, muntah, demam, sakit mendadak dan hebat, serta tonjolan membesar dan berubah warna karena dapat merupakan kegawatan. Semoga bermanfaat.

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.