Tongue-tie atau Ankyloglosia

I Info Penanya: I, Pria, 16 Tahun
Maaf Dok sebelumnya saya mengalami tongue tie sejak kecil tapi, tidak ada masalah pada waktu itu tapi skarang saya minder bahwa artikulasi bicara saya tidak baik dan ketika lidah saya dijulurkan terasa terbatas dan sakit apa yang harus saya lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear I,

Kami mengerti kerisauan yang Irul alami akibat tali lidah yang pendek atau bahasa kedokterannya dikenal dengan nama Tongue Tie atau Ankyloglosia.

Tali lidah pendek atau Tongue Tie atau Ankyloglosia adalah kelainan bawaan yang terjadi   pada pita lidah atau tali jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan  ujung lidah bagian bawah. Tali ini dapat tebal dan kurang elastis ataupun tipis dan elastis. Bila tali lidah pendek dapat menyebabkan lidah berbentuk seperti jantung pada saat dijulurkan.

Umumnya pada bayi, keadaan ini dapat menyebabkan gangguan saat menyusu dan makan sehingga menghambat pertumbuhan bayi. Ketika anak mulai belajar berbicara, Ankyloglosia menyebabkan gangguan artikulasi dan pengucapan huruf tertentu.

Pada usia remaja dan dewasa, apabila Ankyloglosia tidak diobati sejak dini, maka penderita akan menjadi minder dan rendah diri karena hal ini.

Tanda dan Gejala Ankyloglosia adalah :

  • Jaringan yang menghubungkan lidah ke dasar mulut (frenulum lingualis) terlalu tebal dan pendek sehingga Penderita mengalami :
  • Kesulitan mengangkat lidah ke gigi atas atau menggerakkan lidah dari ujung ke ujung
  • Penderita mengalami Kesulitan menjulurkan lidah lebih dari 1-2 mm (0,04-0,08 inci)
  • Lidah yang muncul berlekuk atau berbentuk hati ketika terjulur keluar

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah berupa pembedahan sederhana  yang dikenal dengan nama Frenotomy atau Frenectomy. Frenotomy atau Frenectomy adalah pengambilan atau pemotongan jaringan frenulum dengan anestesi lokal (bius lokal).

Efek samping yang jarang terjadi dari prosedur Frenotomy atau Frenectomy antara lain infeksi, ulserasi, kerusakan lidah atau kelenjar ludah dan frenulum dapat tumbuh lagi.

Sebaiknya Irul segera mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum terdekat untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue tie pada bayi dapat menyebabkan gerakan lidah terbatas dan kesulitan menyusu, hingga kesulitan berbicara

Apa Itu Tongue Tie pada Bayi dan Apa Saja Bahayanya?

Tongue tie pada bayi adalah suatu kondisi saat lahir yang menyebabkan gerak lidah menjadi terbatas. Tongue tie dapat membahayakan bayi karena dapat membuat bayi sulit untuk menyusu hingga kesulitan bicara.