12 Nov 2020, 22:42Kulit & Kelamin

Bagaimana menghilangkan tanda lahir dengan benar?

IA
Info Penanya: IA, Pria, 19 Tahun
Dok saya punya tompel di pipi sebesar bola mata hitam cara buat hilanginnya gimana ya dok? Apa bagus menggunakan kapur sirih? Kalau buat operasi biasanya dikenakan biaya berapa ya dok? Mohon di jawab yaa
623 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, IATerima kasih atas pertanyaannya.Tanda lahir pada beberapa orang mungkin akan menganggu penampilan sehingga membuat tidak percaya diri.  Beberapa tanda lahir dapat hilang dengan sendirinya namun ada pula yang perlu tindakan dokter untuk menghilangkan tanda lahir.

Jenis-jenis tanda lahir :

  • Tahi lalat
    Termasuk pada kondisi yang tidak berbahaya, dapat muncul coklat atau kehitaman bentuk bulat atau oval.  Pada tahi lalat yang semakin cepat membesar, bentuk tidak beraturan perlu dicurigai adanya kanker.
  • Noda kopi susu
    Bentuk oval berwarna coklat muda atau kehitaman.  Kondisi ini tidak membahayakan namun jika jumlah banyak perlu penanganan dokter.
  • Bercak kemerahan ( hemangioma)
    Dapat muncul dimana saja dan umumnya merah terang tanpa ada penonjolan kulit.
  • Bercak mongol
    Berwarna biru seperti memar yang dapat hilang dengan sendirinya.

Cara menghilangkan tanda lahir :

  • Tindakan operasi, terapi laser atau bedah listrik. Tindakan ini dilakukan oleh dokter spesialis sesuai indikasi medis.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
Apabila anda ingin menghilangkan tanda lahir, perlu konsultasi dengan dokter spesialis kulit karena untuk menghilangkan tanda lahir tidak sama pada semua orang.  Tergantung pada jenis kulit, jenis tanda lahir yang dimiliki, kondisi kesehatan.  Hindari penggunaan bahan alami tanpa pengawasan dokter kulit karena jika tidak sesuai dapat menimbulkan iritasi pada kulit.  Perihal biaya, anda dapat tanyakan pada fasilitas kesehatan tempat anda periksa. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
operasikesehatan kulitperawatan lasertahi lalattanda lahir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil