Tompel di pantat makin lebar dan nyeri, apakah berbahaya?

DD Info Penanya: DD, Wanita, 17 Tahun
Selamat malam dokter.Saya mau tanya, pantat saya mulai dri bayi ada semacam toh atau tompel berwarna merah, bertambah usia semakin melebar, sering merasakan panas, berdetak, terasa nyeri. Sejenis penyakit apa? Dan Bagaimana Solusinya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi DD,

Tanda Lahir atau biasa dikenal dengan toh atau tompel hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab dan faktor yang mempengaruhi terbentuknya hal ini, namun sebagian tanda lahir biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang tumbuhnya tidak normal dan bisa juga disebabkan adanya penumpukan zat warna kulit atau pigmen pada kulit.

Tanda lahir yang disebabkan pembuluh darah yang tidak normal di bawah kulit mempunyai ciri diantaranya

  1. Berwarna merah,ungu ataupun biru.
  2. Lokasinya di wajah, leher, pantat
  3. Terasa ada semacam denyut / detak.
  4. Bisa makin bertambah usia makin besar.

Selain itu Kelainan ini juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya :

  1. Angel's kisses. ditandai dengan bercak tipis berwarna merah muda atau merah di kulit, biasanya muncul di kulit antara alis mata,kelopak mata atas dan leher. Kelainan ini bisa menghilang sepenuhnya tanpa perawatan, namun untuk memudarnya bercak butuh waktu lebih lama bisa mencapai hingga usia dewasa.
  2. Hemangioma. Biasanya berupa bercak merah menyerupai stroberi, biasanya muncul pada bayi dan akan menghilang sendiri sebelum berusia 8 tahun.
  3. Noda anggur. Ditandai dengan bercak merah muda dan terdapat pada bayi sejak dilahirkan. Kelainan ini timbul dan mayoritas menetap sifatnya permanen serta membesar seiring bertambahnya usia.

Beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai yakni pada noda angur yang muncul di dekat mata, karena dikhawatirkan akan menggangu penglihatan semisal muncul penyakit glaukoma, sementara pada Hemangioma yang muncul sekitar mulut,hidung dikhawatirkan akan menggangu pernafasan.

Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter agar didapatkan solusi terbaik karena dokter akan melakukan pemeriksaan baik itu pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosa dan terapi yang terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.