Apa boleh berhubungan saat anak terkena cacar air?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 22 Tahun
Apa kita boleh berhubungan intim disaat ank terkena cacar air
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RC,

Cacar air adalah infeksi virus varicella zoster dimana virus ini bisa menular dan bisa menimbulkan herpes zoster jika sudah pernah mengalami cacar air. Virus ini juga berbahaya jika menular pada ibu hamil terutama di trimester awal. Karena bisa menimbulkan gangguan pada janin.

Jika anak cacar sebenarnya tidak ada hubungan dengan orang tua yang melakukan hubungan intim. Terlebih jika menggunakan kontrasepsi. Yang utama adalah setelah mengurus anak yang terkena cacar perlu membersihkan diri dengan mandi atau mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan bisa berikan anak masker agar tidak menularkan dimana virus cacar bisa menular juga baik dari kontak langsung ataupun dari percikan ludah.

Jika anak sudah diperiksakan pada dokter, ikuti pengobatan cacar yang diberikan, tetap mandikan anak agar tidak memicu infeksi bakteri. Berikan anak makanan yang bernutrisi agar bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga bisa menjaga dan membantu proses penyembuhan. Lakukan juga kontrol berkala dan hindari aktivitas di luar agar tidak menularkan pada anak lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit