09 Sep 2021, 10:29Penyakit Lainnya

Apakah saya bisa mendonorkan ginjal dengan imbalan ?

RA
Info Penanya: RA0
Tolong dok carikan sya orang yg butuh ginjal karna saya ingin mendinorkan ginjal saya asalkan ad mahar penebusnya.demi memenuhi himpitan ekinomi.tolong ya dok
93 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, R.Setiap keluarga memiliki masalah yang berbeda-beda. Ada keluarga yang diuji dengan penyakit, ada pula keluarga yang diuji dengan tidak memiliki anak, dan tak jarang keluarga diuji dengan permasalahan ekonomi terutama masa pandemi corona yang tidak kunjung usai.

Apakah saya dapat mendonorkan ginjal dengan imbalan ?

Mendonorkan ginjal ataupun organ lain dengan tujuan mendapatkan imbalan tidak dibenarkan baik dari segi kesehatan maupun hukum sebagaimana tertuang dalam pasal 64 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan bahwa organ dan atau jaringan tubuh dilarang diperjualbelikan dengan alasan apapun. Tidak hanya itu setiap orang yang menjual organ termasuk ginjal dapat diancam hukuman 10 tahun penjara dan denda banyak Rp 1 miliar.Anda mungkin akan mendapatkan sejumlah uang tapi Anda tidak pernah berpikir bahwa ginjal itu tidak ternilai. Jika Anda melakukan donor ginjal, maka suatu saat ginjal yang ada bisa rusak dan menyebabkan berbagai penyakit terhadap diri Anda sehngga pada akhirnya Anda yang akan mencari donor ginjal dari orang lain.Sebaiknya Anda mencari pekerjaan untuk mendapatkan imbalan, dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Jika Anda merasa sangat depresi dengan semua permasalahan di hidup Anda, konsultasi ke psikolog atau psikiater.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
penyakit ginjalproses donor ginjaltransplantasi ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil