Tidak suka dengan kuliah yang saya jalani, saya harus apa?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, disini saya akan sedikit bercerita saya lulus dari sma dan pada saat itu saya mendapatkan beasiswa kuliah di luar kota tetapi orang tua tidak mengizini saya kuliah disana, pada saat itu saya merasa apa yang saya lakukan selama ini sia-sia namun saya mengikuti kata orang tua saya untuk kuliah di dalam kota, namun saya menjalankan kuliah tersebut terasa berat dan terpaksa. Saya berpikir untuk pasrah dengan keadaan saat ini, dan saya selalu berpikir untuk meninggalkan mereka.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kuliah biasanya dijalani saat usia remaja. Usia remaja yang diawali dengan masa pubertas merupakan peralihan dari masa anak-anak ke dewasa. Pada usia remaja, biasanya terjadi beberapa perubahan baik perubahan fisik maupun perubahan psikologis. Seperti perubahan pada bentuk tubuh, perubahan pada hormon-hormon terutama hormon reproduksi, perubahan tingkat kematangan emosi yang tekait dengan pengendalian diri, cara berpikir, hubungan sosial dan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Pada masa remaja, terdapat beberapa keputusan-keputusan penting yang harus dibuat. Misalnya, terkait dengan jurusan atau universitas pada saat kuliah. Tetapi keputusan ini bisanya tidak bisa diambil sendiri dan masih melibatkan peran orang tua.

Pada masa ini, peran serta orang tua untuk mendampingi pilihan Anak juga diperlukan. Selain itu orang tua menganggap hal ini masih perlu diarahkan untuk kebaikan anaknya. Pada perinsipnya tidak ada orang tua yang menjerumuskan anaknya, pasti setiap orangtua menginginkan hal yang terbaik untuk anaknya. 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bicarakan dengan kedua orang tua Anda bila Anda merasa kuliah yang Anda jalani ini tidak sesuai dengan bakat dan minat Anda. Sampaikan apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan kesulitan dalam menjalaninya. Ajaklah diskusi kedua orangtua Anda agar mendapatkan solusi yang terbaik bagi Anda dan keluarga.

Bila Anda sudah berdiskusi dengan kedua orang tua dan dirasa masih belum menemukan solusi, silakan berkunjung ke dokter spesialis jiwa untuk dilakukan konsultasi dan konseling terkait dengan keluhan yang Anda rasakan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Toxic relationship dapat memberi dampak berupa gangguan kecemasan

Ini 9 Tanda Anda Terjerat dalam Toxic Relationship

Toxic relationship adalah hubungan yang tidak sehat dan dapat menghambat produktivitas. Selalu direndahkan oleh pasangan bisa jadi tanda toxic relationship.