07 May 2020, 00:36Kepala

Kenapa sering sakit kepala sebelah kiri sampai mata?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok disini saya mengalami keluhan sakit kepala sebelah kiri,baik ketika terkena sinar atau cahaya, ketika kepala sakit terasanya sampai ke mata sehingga mengeluarkan air, sakitnya ini dalam jangka waktu yang lama, baiklah dok terima kasih
40351 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang SA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Nyeri kepala yang terasa dominan di sebelah kiri, hingga menyebabkan mata menjadi merah dan berair, bisa disebabkan oleh masalah pada kepala, mata, atau juga sistem organ lainnya.

Beberapa penyebab sakit kepala sebelah kiri :

  • Migrain
    Kondisi ini umumnya ditandai oleh rasa lelah, tekanan pada bahu dan leher, depresi, dan syok. Migrain biasanya berlangsung lama dengan sensasi berdenyut di kepala.
  • Neuralgia oksipital
    Gangguan saraf oksipital yang berada di atas sumsum tulang belakang yang menjalar ke leher hingga pangkal tengkorak.
  • Glaukoma
    Meningkatnya tekanan di dalam mata umumnya ditandai dengan sakit kepala sebelah kiri yang parah, serta sakit mata berair dan penglihatan yang kabur.

Untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri, Anda dapat melakukan :

  • Kompres dingin dibagian kepala sebelah kiri selama 15 menit.
  • Mengurangi tekanan pada kepala Anda. Jika Anda mengenakan ikat kepala, topi, atau pelindung kepala yang terlalu ketat, maka longgarkan.
  • Melakukan relaksasi. Melakukan peregangan, yoga, atau meditasi dapat membantu mengatasi sakit kepala yang tengah Anda rasakan. 
  • Mencoba pijat kepala. Pijat kepala Anda sendiri secara perlahan, termasuk leher dan pelipis selama beberapa menit untuk meredakan sakit kepala.
  • Mengatur tidur dan makan. Tidurlah dengan cukup, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Sebaiknya, buat jadwal khusus untuk tidur dan bangun secara konsisten setiap hari. 
  • Minum banyak air putih, minimal 2 liter / hari
Jika sakit kepala tidak kunjung hilang, semakin parah, atau disertai gejala lain, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter syaraf untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
migrainglaukoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil