Apakah yang menyebabkan terlambat haid selama 4 bulan?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 1 Tahun
Saya mau tanya dok saya telat datang bulan 4 bulan dan sya tidak mengalami apapun pusing cmn kadang-kadang dok ada apa dengan sya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Datang bulan atau sering disebut dengan istilah haid, merupana kondisi keluarnya darah melalui organ reproduksi wanita yang wajar terjadi pada wanita semenjak masa pubertas hingga menjelang masa menopausenya. Nomralnya siklus haid seorang wanita berkisar 21 - 35 hari dengan rata-wata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. 

Kondisi dimana sesorang wanita yang tiba-tiba siklus haidnya berhenti atau tidak haid selama 90 hari berturut-turut (3 bulan) disebut dengan istilah Amenorea sekunder. Selain karena adanya kehamilan, terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya Amenorea sekunder pada wanita.

Adapun penyebab-penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Efek samping dari pengunaan alat kontrasepsi dan juga obat-obatan
  • Diet ketat atau adanya kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan adanya perubahan berat badan secara mendadak
  • Adanya stres dan kelelahan karena aktivitas fisik yang berlebihan
  • Adanya masalah secara hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita

Apabila Anda sudah tidak mengalami haid selama 4 bulan secara turut-turut kondisi Anda bisa dikarenakan salah satunya oleh beberapa penyebab yang sudah disebutkan. Jika terdapat riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya, lakukanlah pemeriksaan tes kehamilan.

Untuk dapat mengetahui penyebab pastinya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan USG oleh sebab itu, segeralah periksaan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat. Hindarilah stres dan kelelahan, tetaplah berusaha mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar badan tetap sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.