21 Jun 2020, 17:15Kandungan

Tidak haid selama 2 bulan, apakah hamil?

YN
Info Penanya: YN, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau nanya tlg di jawab ya.. Jadi gini aku bulan april itu dtang bulan skitar tgl 29 klo gk salah seperti biasa 7hari .. Dan anehnya kenapa sampai sekarang 21 juni belom datang bulan juga ya padahal saya gk berhubungan badan. Tapi sblmnya bulan mei ada sih berhubungan badan. Kira kira knpa ya dok hamil kah atau ada masalah lain ya.. Tlong jawab dok. Makasih..
9342 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang YN,Apabila ada riwayat melakukan hubungan intim tanpa menggunakan pengaman di bulan mei maka kemungkinan untuk kehamilan bisa terjadi. Jadi kalau sudah tidak haid lebih dari 1 siklus, bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack. Jika hasilnya samar atau positif, sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikannya ya.

Penyebab lain terlambat menstruasi

Selain karena kehamilan, terlambat haid bisa disebabkan oleh:
  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Masalah reproduksi
  • Adanya kista, PCOS, endometriosis
  • Perubahan berat badan yang cepat dan drastis
  • Stres fisik dan psikis
Jika dilakukan pemeriksaan testpack tetapi hasilnya negatif, perhatikan sampai 90 hari. Jika tidak haid selama 3 bulan berturut-turut dapat disebut amenorea. Perlu dipastikan apa penyebabnya dan dilakukan penanganan yang sesuai.Perhatikan juga gaya hidup seperti jam tidur, pola makan, dan juga kelola stres dengan baik agar bisa memperbaiki siklus menstruasinya. Lakukan olahraga rutin agar tubuh juga lebih bugar. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidtes kehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil