Siklus mentruasi sering berubah, wajar atau tidak?

P Info Penanya: P
Slmt sore dok, sy sudah telat 2hariTp sy bingung krna pada bulan februari siklus haid saya 30hariDes ke jan siklus 26hrJan ke Feb siklus 30hrFeb ke maret siklus 26Nah april ini sy blm haid, kl di hitung siklus 26 hr, sy uda telat 2hariTapi jika mengikuti siklus yg 30hr, sy haidny mash 2hr lagi atau tgl 14 aprilDan nafsu mkn makin brtmbh, sring lapar mskpn sudah makan, 5hr yg lalu puting tegang, slma 4hrian agak sakit klo di sentuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mentruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Pada umumnya, siklus menstruasi wanita berlangsung 28 hari. Tetapi, ada juga yang 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Hal yang menjadi tidak wajar jika siklus menstruasi dibawah 21 hari atau diatas 35 hari, maka itu dapat dikatakan sebagai gangguan menstruasi. 

Siklus menstruasi Anda yang sering berubah-ubah masih dalam tahap yang wajar. Bukan kelainan medis atau suatu penyakit. Jadi tidak perlu dikhawatirkan. Gejala seperti nafsu makan yang bertambah dan puting payudara yang tegang merupakan gejala dari PMS (premenstrual syndrome). PMS selalu dialami oleh setiap wanita. Biasanya berlangsung sesaat sebelum menstruasi datang. 

Jika Anda baru mengalami telat mens dalam beberapa hari, mungkin saja penyebabnya karena stres, kelelahan fisik, pola makan yang buruk, berat badan yang tidak ideal, kehamilan, penggunaan KB, dan kondisi medis tertentu.

Untuk mengatasi telat haid, Anda bisa melakukan hal berikut ini:

  • Olahraga yang teratur.
  • Mengkonsumsi vitamin C, kunyit, nanas, dan jahe.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Melakukan relaksasi.
  • Mengkompres area perut dengan kompres air hangat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea merupakan kondisi tidak menstruasi pada wanita

Waspadai Amenorrhea, Yakni Kondisi Haid yang Tak Kunjung Datang

Amenorrhea adalah kondisi terhentinya siklus haid. Seorang wanita dikatakan mengalaminya jika tidak kunjung menstruasi meski sudah masuk usia pubertas, atau tidak datang bulan selama tiga bulan berturut-turut.