Hidung tersumbat, batuk, dan sesak, gejala apa ya?

BS Info Penanya: BS
Halo dok , saya mau bertanya , jadi saya sudah 3 hari ini merasa badan mendingin tapi sekarang udah mendingan lalu saya merasakan hidung tersumbat ,batuk ,nafas saya panas dan sedikit sesak nafas , sakit saya ini apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BS.

Hidung tersumbat, batuk, dan sesak napas merupakan gejala yang dialami apabila seseorang mengalami gangguan pernapasan. Gejala-gejala tersebut bisa disertai dengan demam apabila terjadi infeksi atau peradangan. Derajat gejala berbeda-beda pada setiap penderita, mulai dari ringan sampai berat.

Gangguan pernapasan dengan gejala di atas umumnya disebabkan oleh penyakit-penyakit berikut:

  • ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) bagian atas, misalnya infeksi pada amandel atau tenggorokan
  • Pneumonia
  • Bronkhitis
  • Alergi debu atau udara

Anda dapat mencoba untuk beristirahat yang cukup dan menghindari aktivitas yang terlalu melelahkan. Pastikan udara yang dihirup bersih, air purifier dapat digunakan di rumah jika diperlukan. Selain itu, meminum air jahe hangat uga disarankan, karena kandungan jahe memberikan manfaat bagi organ pernapasan. Uap dari jahe hangat tersebut bisa Anda hirup untuk membantu melegakan sumbatan pada hidung.

Lalu, karena sekarang sedang wabah COVID-19, disarankan Anda melakukan isolasi di rumah selama 14 hari untuk melindungi diri Anda dan orang lain, ya. Jika dalam 14 hari Anda mengalami gejala seperti demam atau sesak napas berat, Anda bisa menghubungi 119 ext 9 untuk meminta petunjuk lanjutan, apakah harus ke rumah sakit rujukan atau tidak.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusat kebugaran berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona.

Lakukan Antisipasi Penyebaran Virus Corona Saat Olahraga, dengan Cara Ini

Sebuah pusat kebugaran di Jakarta menghentikan operasionalnya setelah mendapati ada salah satu membernya yang menjalani isolasi di rumah sakit, berkaitan dengan virus corona. Lantas, bagaimana cara mencegah penyebaran virus corona di ruang publik ketika berolahraga?