26 May 2021, 00:52Kulit & Kelamin

Kenapa testis lebih besar sebelah?

RE
Info Penanya: RE0
Kan waktu itu saya kecelakaan dan tanpa saya sadari Kalo bagian Kulit yang Baguan biji penis saya Terdapat luka Dan Sekarang sudah kering tapi Biji penis saya terasa besar 1 apakah itu normal? tidak ada rasa nyeri pada area tersebut
151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RETerima kasih atas pertanyaannya.Pria normal akan memiliki dua buah testis yang berguna untuk produksi sperma dan dikeluarkan bersamaan dengan cairan seminal saat ejakulasi.  Ukuran testis pada umumnya memang akan berbeda atau tidak simetris sehingga tampak sebelah lebih besar dan lebih menggantung.  Lain halnya jika besar sebelah ini disertai rasa nyeri atau rasa tidak nyaman.

Penyebab testis besar sebelah :

  • Hidrokel atau adanya tumpukkan cairan di sekeliling testis sehingga tampak bengkak namun tidak disertai nyeri hanya terasa seperti ada gumpalan di testis.
  • Varikokel atau pembesaran pada pembuluh darah testis sehingga ketika diraba seperti ada gumpalan cacing. Pada beberapa kondisi varikokel dapat membuat produksi sperma menurun.
  • Hernia atau organ perut yang turun akibat dinding perut yang melemah.
  • Radang testis tentu disertai bengkak, kemerahan dan nyeri ketika diraba.
  • Riwayat cedera yang menimbulkan memar, bengkak, dan nyeri.
Bila tidak ada keluhan pada testis maka sebenarnya tidak masalah, namun jika ada gangguan ereksi, ejakulasi, ataupun testis menjadi nyeri, periksa ke dokter spesialis urologi untuk tindakan lanjutan. Sementara ini jaga kebersihan kelamin dan area sekitarnya, perbanyak air putih, hindari merokok dan alkohol, istirahat cukup, dan olahraga teratur untuk menjaga kesehatan testis dan juga kelamin. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
nyeri testiskelamin laki-lakiherniahidrokelvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil