Cebok dengan tangan yang terkena sperma, apakah bisa terjadi kehamilan?

TS Info Penanya: TS, Pria, 21 Tahun
Dok,saya dan pacar saya melalukakan oral sexKtila selesai pacara saya mau cebok buang air kecil,tangannya terkena semprotan sperma saya sya waktu oral sex,tp sdh dicui dluan,apkh msh berpotensi hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, T

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Terjadinya kehamilan karena adanya sel sperma yang berhasil masuk ke dalam organ reproduksi wanita dan bertemu dengan sel telur wanita sehingga terjadipe pembuahan. Untuk itu, perlunya dilakukan hubungan seksual pada saat wanita sedang dalam masa subur dan dengan cara pria melakukan ejakulasi di dalam vagina seorang wanita. Kehamilan bisa terjadi hanya dengan 1 sel sperma yang baik dan sehat menyebabkan berhasil bertemu dengan sel telur wanita.

Apabila Anda dan pacar anda melakukan oral sex, dan terjadi ejakulasi tidak di dalam vagina, maka tidak ada sel telur yang bertemu dengan sel sperma. Sehinga tidak terjadi kehamilan. Namun, apabila tangan yang terkena sperma tersebut digunakan untuk menyentuh vagina, dapat dikhawatirkan adanya 1 sel sperma yang berhasil masuk, walaupun kemungkinanya sangat kecil.  Untuk itu, apabila siklus haid pasangan Anda pada periode berikutnya mengalami keterlambatan, lakukanlah tes kehamilan. 

Beberapa saran yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Hindari bergonta ganti pasangan seksual
  • Jaga kebersihan area kemaluan, kebersihan diri, dan kebersihan lingkungan sekitar
  • Konsumsi makanan yang bergizi, perbanyaklah sayur dan buah
  • Berusaha mencukupi kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi
  • Rutin berolahraga agar badan sehat dan bugar

Jika terdapat keluhan terkait dengan kesehatan organ reproduksi wanita, periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengapa Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan Bisa Terjadi?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan.