Tips tetap sehat

B Info Penanya: B, Pria, 35 Tahun
Mohon saran tentang diet sehat, saya seorang karyawan bank yang setiap harinya harus sering bertemu dengan relation yang tentunya sering diajak makan ke luar. Terkadang saya tidak bisa menolaknya. Setiap makanan yang dipesan rata-rata membuat tubuh bertambah gemuk. Bagaimana cara mengatasinya tanpa harus menolak ajakan makan siang bersama mereka.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak B,

Menjalani hidup sehat terutama dengan mempertahankan berat badan ideal, di zaman sekarang ini memang memerlukan komitmen ekstra. Lingkungan pekerjaan dan tempat kuliner yang saat ini dikenal bukan hanya sebagai tempat makan tapi juga  sebagai tempat bersosialisaasi dan menjamu relasi menyebabkan kita sulit menolak ajakan untuk makan berlebihan.

Namun perlu untuk mulai membatasi diri dan menetapkan aturan sehat untuk dijalani bila ingin menuju kebiasaan hidup sehat. Tidak ada salahnya menerima ajakan makan siang dari rekan dan relasi, namun dapat diterapkan langkah-langkah cerdik untuk kepentingan sendiri yaitu :

  • Saat ini berat badan ideal untuk Bapak adalah 61 Kg, tetapkan hati untuk menurunkan berat badan sampai mencapai berat badan ideal dan jadikan salah satu target dan tujuan penting dalam hidup saat ini.
  • Jadikan target mencapai berat badan ideal ini sejajar  dengan target penting dalam pekerjaan. Bila berhasil berikan hadiah kepada diri sendiri seperti tiket pesawat dan tour ke negara yang menjadi impian, membeli suatu barang yang sudah lama di impikan atau menjalani hobi yang sudah lama tertunda. Tidak memberikan hadiah dalam bentuk makanan.
  • Sampaikan niat menurunkan berat badan kepada keluarga dan teman dikantor, walaupun selalu ada yang menggoda namun orang yang peduli dengan kita akan mendukung program kita untuk sehat.
  • Terima saja ajakan untuk makan siang dengan kolega,  boleh makan semua jenis makanan namun batasi dalam jumlah yang dimakan. Bila makan siang sudah banyak maka sebaiknya lewatkan waktu makan malam dan baru mulai sarapan di pagi berikutnya. Untuk sayur dan buah segar dapat dimakan dengan porsi yang lebih banyak.
  • Sarapan pagi, sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.
  • Makan siang dengan panduan diet seimbang
  • Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya)
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi : cemilan, es krim, kue – kue, biskuit, permen, coklat dll.
  • Batasi Karbohidrat, seperti nasi, mie, pasta, jagung, kentang dan lain lain sebaiknya dibatasi jumlah yang dimakan. Tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu, tempe
  • Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.
  • Minum air putih sehari minimal 2 liter sebanding dengan 8 Gelas. Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.
  • Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih. Keuntungannya selain menambah asupan Vitamin C untuk tubuh, memberi rasa segar untuk air yang diminum, juga merupakan cara detoksifikasi sederhana.
  • Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non fat / susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium.Kekurangan kalsium dalam darah sering disalah-artikan tubuh sebagai rasa lapar. Saran kami sebelum minum suplemen apapun sebaiknya di konsultasikan dulu dengan Dokter.
  • Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  • Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  • Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.
  • Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah sehingga saat masuk dalam makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh, dengan cara beraktifitas rutin seperti berjalan kaki, joging dan berolah raga.
  • Olah raga yang membentuk tubuh dan sangat cepat membakar kalori contohnya adalah berenang, boxing, bersepeda, dan aerobik.

Cara yang sehat adalah penurunan berat 2 kg dalam 1 minggu, jangan memaksakan diri karena mungkin pada minggu – minggu awal pencapaian hanya 1 kg / minggu. Tetaplah konsisten dan rutin mengikuti saran sehat ini, untuk mencapai tujuan jangka panjang memperoleh berat badan ideal dan mempertahankannya.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketumbar tak hanya sebagai bumbu dapur, tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh

Tak Hanya untuk Bumbu Masakan, Ini Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Bagi Anda ketumbar hanya sebagai bumbu dapur. Tapi ternyata ketumbar memiliki manfaat bagi kesehatan seperti, mengurangi risiko kanker, meredakan nyeri dan peradangan, meningkatkan kesehatan kulit dan lainnya.