02 Oct 2021, 14:24Kandungan

Tips program hamil bagi pasutri

AS
Info Penanya: AS0
Hai dokter, saya sudah 2 tahun menikah tapi belum hamil. Padahal saya menerapkan pola hidup sehat, dan suami sudah tidak merokok. Apakah ada tips untuk program hamil dok? kalau periksa ke dokter kandungan, apakah tidak bisa hamil selalu karena wanita yang tidak subur? mohon infonya dok. Terima kasih
122 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerim akasih atas pertanyaan AndaProgram hamil adalah serangkaian program yang dilakukan oleh pasangan suami istri dengan pengawasan dan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan. Sesuai dengan sitilahnya, tujuan dari program hamil ini adalah membantu terjadinya poses kehamilan. Terdapat beberapa tahapan dalam program hamil, mulai dari konseling, pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesuburan bagi wanita, pemeriksaan analisa sperma bagi pria atau bahkan dengan tindakan medis tertentu seperti bayi tabung dan lain sebagainya. Tentunya hal ini berbeda-beda setiap pasangan tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Apakah tidak bisa hamil selalu karena wanita yang tidak subur?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, terjadinya kehamilan yaitu adanya sperma yang berahsil membuahi sel telur wanita. Sehingga, untuk terjadi kehamilan harus dipastikan ada sperma yang berkualitas yang berhasil masuk dan membuahi sel telur wanita. oleh sebab itu, kondisi ini perlu didukung dari dua sisi, yaitu dari kesehatan reproduksi pria dan juga kesehatan reproduksi wanita. Sehingga keduanya harus dilakukan pemeriksaan. Untuk wanita bisa dilakukan tes kesuburan wanita, sedangkan untuk pria bisa dilakukan tes kesuburan pria, salah satunya adalah pemeriksaan analisa sperma.

Berikut adalah tips program hamil bagi pasutri:

Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilkehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil