Tips mengurangi kembung?

S Info Penanya: S, Pria, 24 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya.Umur saya 25 tahun tapi perut saya ko buncit, memang sudah sebulan ini saya jarang bergerak apa lagi olahraga.Terus saya banyak makan tapi saya jarang bab.Saya juga sering mengkonsumsi kopi dan merokok mohon solusinya dok agar perut saya kembali seperti semula.Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Perut buncit selain akibat bertambahnya lemak di perut bisa juga karena kembung. Dari deskripsi anda bahwa anda banyak makan, jarang BAB, kurang aktivitas, konsumsi kopi dan merokok. Semuanya mengakibatkan perut kembung.

Untuk mengurangi lemak, tentu perlu membatasi asupan makan dan olahraga yang teratur. Sedangkan untuk mengurangi gas dan kembung, anda perlu melakukan perubahan gaya hidup. Misalnya :

- kurangi makanan berlemak dan minuman bersoda

- konsumsi makanan dan minuman secara perlahan

- kurangi merokok

- perbanyak olahraga

- hindari makanan dan pemanis buatan yang menyebabkan gas misalnya fruktosa dan sorbitol. Zat tersebut banyak di makanan manis, permen karet dan makanan suplemen energi.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada pencernaan umumnya bisa memicu geala perut terasa panas

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas hanyalah salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa terjadi di saluran pencernaan. Anda perlu mewaspadai dan mengobatinya agar perut panas dan gejala mengganggu lainnya tidak terus mendera Anda.