Bagaaimanakah tips mengetahui jenis kulit ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok aku tuh susah mengetahui jenis kulit aku tuh apa..apakah kering atau normal aja dok..tolong berikan tips nya yah dong mengetahui dan membedakan jenis kulit..mkasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M.

Setiap orang memiliki jenis atau tipe kulit yang bermacam-macam. Tiap jenis kulit tersebut akan membutuhkan perawatan yang juga berbeda-beda. Secara umum jenis kulit terbagi menjadi 5 tipe.

Jenis Kulit

Jenis-jenis kulit tersebut meliputi :

1. Nomal

Memiliki ciri tidak terlalu berminyak dan tidak pula terlalu kering. Pori-pori wajah umumnya hampir tidak terlihat, kulit tampak lebih sehat, tidak sensitif, dan tampak lebih cerah. 

2. Berminyak

Kulit wajah senantiasa berminyak terutama pada area T-zone (dahi, hidung, dan dahi). Pori-pori terlihat besar, wajah berkilau karena minyak tetapi kusam, banyak terbentuk komedo, noda hitam sampai jerawat.

3. Kering

Pada jenis kulit wajah yang kering, pori-pori dan garis-garis pada kulit terlihat cukup jelas, cenderung kasar, bersisik, tampak kemerahan dan seringkali disertai keluhan gatal.

4. Kombinasi

Pada area T-zone dapat berminyak, tetapi pada pipi cenderung normal atau kering. Pori-pori pun dapat terlihat lebih besar, dapat pula terbentuk komeda dan mengkilau di beberapa bagian wajah.

5. Sensitif

Umumnya tampai kemerahan, disertai gatal, cenderung kering dan mudah terjadi keluhan jika menggunakan produk tertentu.

Beriku beberapa ciri dari jenis kulit wajah sebagai panduan dalam Anda dalam merawat wajah. Adapun artikel mengenai merawat kulit wajah sesuai dengan jenisnya terlampir sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

TCA peeling membantu mengelupas kulit untuk singkirkan sel kulit mati

Tak Bisa Sembarangan, Kenali Manfaat TCA Peeling dan Efek Sampingnya

TCA adalah trichloroacetic acid yang menjadi salah satu zat kimia untuk peeling atau pengelupasan kulit. TCA peeling membantu menyingkirkan sel kulit mati, sehingga diharapkan sel kulit baru akan naik dan memberikan tampilan yang lebih baik. Namun, peeling menggunakan TCA harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.