30 Oct 2019, 13:39Penyakit Lainnya

TIps memperlancar BAB bayi usia 2 bulan

DS
Info Penanya: DS0
Assalamualaikum dokter.. Ponakan saya bayi 40 hari, udh 2 hari ini ga pup. Apakah normal? Lalu harus minum obat apa ya ibu nya? Agar bisa ke minum anaknya lwt asi? Makasih sblmnya Wa'allaikum salam
93619 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andry Yoshua
(0)
Selamat pagi Ibu DS,Perkembangan bayi normal dengan kemampuan ususnya membuang kotoran diawali pada 24 jam pertama kelahiran. Ibu tolong ingat-ingat lagi apakah dalam 24 jam pertama bayi ibu langsung mengeluarkan tinja berwarna hijau kehitaman, disebut dengan mekonium. Ini artinya kemungkinan besar usus bayi pembentukan dan fungsinya normal selama di kandungan. Umumnya pada tiga hari berikutnya, tinja bayi akan berubah warna menjadi kekuningan dengan tekstur yang lebih lunakBayi yang minum ASI bisa saja BAB setiap 3 - 5 hari sekali bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa ada kasus bayi ASI BAB 1 kali dalam seminggu. Hal ini bisa menjadi hal yang lumrah jika frekuensi buang air kecil serta peningkatan berat badannya tidak bermasalah. Pada kondisi normal, bayi tidak tampak mengejan berlebihan saat BAB dan tekstur tinja tidak keras atau kering.Pada umumnya, bayi usia 0-6 bulan yang mengonsumsi ASI secara eksklusif mungkin tidak akan BAB setiap hari karena seringkali hampir semua nutrisinya diserap jadi tidak ada sisa. Sementara itu, bayi yang diberi susu formula bisa BAB sampai beberapa hari sekali karena susu formula kandungan nutrisinya berlebih dan tidak 100% cocok dengan tubuh manusia sehingga ada sisa yang dibuang.Tips untuk kesehatan pencernaan dan BAB bayi yang lancar ialah:
  • Cukupi kebutuhan cairan bayi. Susui bayi lebih sering agar kemungkinan terbentuknya tinja lebih besar. Dehidrasi akan menyebabkan tinja bayi kering karena air di usus terserap tubuh semua. Akibatnya tinja mampet susah keluar.
  • Tingkatkan pergerakan bayi
    Dengan melatih otot-otot bayi umur 2 bulan diharapkan otot pencernaan juga ikut aktif. Caranya memiring-miringkan bayi, menggerakan kaki bayi seperti mengayuh sepeda ketika ia berbaring.
  • Mandikan bayi dengan air hangat
  • Pijat perut bayi
    Memijat perut bagian bawah bayi dengan lembut dapat merangsang ususnya untuk buang air besar
Jika ada tanda bahaya seperti perut bayi mengeras, anak rewel, tinja berdarah, tidak BAB sampai 7 hari, bayi tidak banyak minum air dan menyusui, langsung temui dokter spesialis anak atau dokter umum untuk pemeriksaan menyeluruh.Salam sehat,dr. Andry Yoshua
tumbuh kembang bayibayi sembelitkotoran bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil