Tips mempercepat keluarnya ASI

NI Info Penanya: NI, Wanita
Dok asi biar cepat keluar minum apa y dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo ibu NI,

Saat kehamilan memasuki usia 8 bulan secara alami produksi sudah siap, hormon-hormon kehamilan mempengaruhi kelenjar-kelenjar di payudara ibu aktif memproduksi dan menyimpan susu.

Menyusu bayi merupakan proses pembelajaran apalagi jika saat ini merupakan kehamilan pertama. Apabila persalinan berjalan lancar dan bayi dapat segera mengisap puting ibu (inisiasi dini) maka akan memacu payudara ibu produksi lebih banyak susu. Banyak ibu beranggapan bahwa susu yang baik ialah yang berwarna putih tetapi sebetulnya kolostrum yang keluar sedikit-sedikit dan berwarna kekuningan padat nutrisi dan sudah cukup untuk beberapa hari pertama kehidupan bayi.

Tips mempercepat keluarnya ASI adalah sebagai berikut:
  1. Susui bayi setiap 2-3 jam sekali. Hal ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan bayi yang pada minggu-minggu pertama belum kuat menyusu sekaligus tetapi juga sebagai latihan agar payudara ibu lancar produksi dan menyalurkan ASISemakin sering sesi menyusui dilakukan, maka akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI.
  2. Perhatikan posisi mulut bayi agar mampu menutupi seluruh areola atau daerah kecoklatan pada payudara dan jangan hanya puting saja. Jika mulut bayi menempel pada puting saja maka keluar ASI akan macet akibat sedotan bayi kurang. Juga susui bayi dengan kedua payudara secara bergantian untuk memastikan kedua payudara aktif produksi dan menyalurkan ASI.
  3. Jika bayi masih kurang aktif menyusui pada payudara dapat melakukan perah manual atau dengan pompa tujuannya ialah ibu melatih kedua payudaranya agar aktif produksi lebih banyak ASI. 
    • Letakkan jari kelingking pada bagian bawah payudara, sedangkan ibu jari di bagian atas payudara membentuk huruf C.
    • Jangan letakkan jari-jari pada puting payudara karena akan menghambat keluarnya ASI. Sebaliknya, letakkan jari-jari di sekeliling areola.
    • Temukan bagian payudara yang terasa seperti benjolan, tekan bagian tersebut menggunakan ibu jari dengan kuat dan perlahan.
    • Lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang.

    Jika cara memerah tersebut dirasa cukup sulit dilakukan, ibu dapat menggunakan alat pompa ASI sebagai opsi alternatif.

  4. Istirahat yang cukup dan perhatikan kebutuhan nutrisi selama menyusui, Bisa jadi makanan yang baik akan melancarkan produksi ASI ibu selama 6 bulan periode ASI eksklusif.
  5. Konsumsi makanan yang bergizi

Jika masih mengalami kesulitan setelah 3-4 hari maka sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau dokter laktasi. Dokter akan memeriksa apakah payudara ibu normal dan produksi ASI yang baik, kemudian apakah posisi bayi sudah baik saat menyusui, dan apakah ada masalah lain dalam air susu yang keluar.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ASI dapat melindungi anak dari berbagai penyakit merupakan fakta menyusui

Para Orangtua Wajib Tahu 7 Fakta Menyusui Ini

Bicara soal menyusui dan ASI, yang dirayakan tiap awal Agustus melalui Pekan Menyusui Sedunia, ada beberapa fakta menyusui yang mungkin belum pernah Anda dengar.