Tips memilih produk kecantikan bagi kulit wajah yang sensitif

NZ Info Penanya: NZ, Pria, 19 Tahun
"dokter saya ingin bertanya. Saya memiliki kulit wajah yang sangat sensitif ini terjadi setelah saya menggunakan produk facial foam+pelembab dari produk Garnier, lalu muncullah jerawat batu disekitar pipi, lalu saya hentikan penggunaaan produk trsebut, beberapa hari kemudian kulit saya terkikis dan memerah, bagian hidung dipenuhi banyak flek hitam, jadi produk apa yang cocok untuk kulit wajah saya yg seperti ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Kulit sensitif bukanlah suatu penyakit. Bahkan kita tidak akan tahu jika kulit kita sensitif sampai ada kerusakan pada kulit saat menggunakan produk kosmetik seperti sabun, pelembab atau makeup.

Berikut beberapa tips untuk kulit sensitif :
-Hindari untuk mengexfoliate wajah
-Gunakan pembersih wajah yang bebas pewangi dan alkohol
-Hindari membeli produk yang mencantumkan label "hati-hati pada kulit sensitif".
-Jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol
-Memilih makeup secara hati-hati, hindari yang mengandung pewangi, gunakan produk oil-free dan non-comedogenic. Jangan lupa selalu membersihkan wajah dari sisa makeup.
-Gunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Hindari tabir surya yang mengandung pewangi, minyak, para-aminobenzoic acid (PABA).
-cobalah produk yang baru anda beli pada bagian belakang telinga dan biarkan semalaman, jika tidak ada iritasi, cobalah pada bagian atas mata, jika tetap tidak iritasi makan produk tersebut dapat di gunakan pada wajah anda.

Sebaiknya anda berdiskusi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (dr. SpKK), agar mendapat perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kulit anda.

 

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang kulit sensitif pada artikel berikut ini.

 

Salam sehat,

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.