Tips melahirkan normal dan lancar

IY Info Penanya: IY, Wanita, 25 Tahun
Dear Dokter, Mohon infonya, saya ingin melahirkan normal, apa yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk agar bisa lahir normal? Usia kehamilan saat ini sudah 3 bulan.Terima kasih Salam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear IYS,

Melahirkan secara Normal dapat dilakukan bila tidak ada penyulit selama proses kehamilan. Melahirkan Normal juga lebih memungkinkan penyembuhan Ibu pasca melahirkan lebih cepat dan komplikasi lebih kecil, dibandingkan dengan Melahirkan secara Sectio Cesaria.

Untuk itu, selama kehamilan perlu diperhatikan hal- hal sebagai berikut :

1. Kontrol  kehamilan bulanan secara rutin ke Bidan atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan terdekat. Hal ini  penting untuk mengetahui lebih dini tentang perkembangan janin dalam kandungan dan adakah komplikasi selama kehamilan.

2. Kontrol Berat Badan Ibu dan Bayi selama kehamilan, untuk Berat Badan Bayi disarankan tidak melebihi 3 Kg sampai usia kandungan 40 Minggu  atau saatnya melahirkan secara normal terjadi. Kenaikan Berat Badan Ibu sampai saat hendak maelahirkan adalah 12 Kg sampai 15 Kg saja. Kenaikan Berat Badan Ibu yang berlebihan akan menyulitkan saat melahirkan  secara Normal.

3. Bergabunglah dengan Kelas Ibu hamil yaitu kelompok yang belajar tentang kesehatan dan persiapan menjelang melahirkan serta cara menghadapai keadaan pasca melahirkan.

4. Pilihlah Rumah Sakit, Dokter, Bidan dan Pusat Layanan Kesehatan yang mendukung proses melahirkan secara normal. Lakukan kunjungan dan konsultasikan cara melahirkan yang Ibu inginkan, bila Rumah Sakit, Dokter, Bidan dan Pusat Layanan Kesehatan tidak mendukung proses melahirkan normal, sebaiknya cari Rumah Sakit, Dokter, Bidan dan Pusat Layanan Kesehatan lainnya yang mendukung Ibu.

5. Lakukan olahraga ringan selama kehamilan, seperti jalan santai setiap 20 menit selama 3 hari dalam seminggu. Kami sarankan supaya dikonsultasikan lebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan saat melakukan kunjungan rutin bulanan.

6. Persiapan tubuh dan bathin Ibu  untuk menghadapi saatnya melahirkan.

 

Semoga penjelasan dari kami dapat membantu Ibu.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Metode induksi persalinan biasanya dilakukan secara medis, namun ada juga induksi alami

Serba-Serbi Induksi Persalinan yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

Induksi persalinan dapat dilakukan karena berbagai alasan. Ada beberapa metode induksi persalinan yang biasanya dilakukan secara medis, namun ada juga beberapa induksi alami yang bisa dilakukan sendiri.