Tips diet sehat: makanan dan pola hidup

E Info Penanya: E, Pria, 33 Tahun
Selamat pagi Dokter,Mohon informasi dan tips untuk cara hidup dan diet yang sehat.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E

Untuk panduan cara hidup sehat, secara umum adalah sehat menyeluruh yaitu kesehatan lahir dan bathin terpenuhi. Cara sederhana untuk menjalani hidup sehat setiap hari dan dijadikan gaya hidup adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini yaitu :

  • Pola Makan Sehat, biasakan untuk makan 3 kali sehari yaitu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam
  • Dapatkam kecukupan cairan buat tubuh. Kebutuhan air putih untuk orang dewasa sehari adalah 2 Liter, hal ini setara dengan 8 – 12 gelas air putih.
  • Tidur dan beristirahat secara cukup.Untuk orang dewasa, tidur malam yang berkualitas adalah antara 6 sampai 7 jam setiap malam, dan waktu tidur yang baik adalah antara jam 10 malam sampai jam 5 pagi.
  • Olahraga secara teratur. Mulailah dengan jalan kaki santai dan joging, dengan waktu 3 kali setiap minggu dan 20 menit setiap kali berolah raga. Lakukan olah raga secara rutin dan bertahap.
  • Berhenti merokok, karena merokok sangat tidak berguna untuk kesehatan.
  • Usahakan mencapai Berat Badan ideal. Rumus sederhana menghitung Berat Badan ideal untuk Pria dewasa adalah : Tinggi Badan (dalam cm) dikurangi 100, sehingga untuk kondisi Bapak saat ini : 171 – 100 = 71, sehingga sebaiknya Berat Badan ideal adalah 71 kg.
  • Hindari stres berkepanjangan. Biasakan berpikiran positif dan optimis, karena baik untuk kesehatan mental dan jiwa. Kesehatan mental yang baik akan memberi pengaruh baik pada kesehatan tubuh.
  • Minumlah Suplemen dan Multivitamin, setiap hari bila perlu.
  • Beribadah dan berdoa secara teratur. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa beribadah dan berdoa adalah sama dengan bermeditasi. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi jiwa dan tubuh manusia karena saat bermeditasi tubuh diberikan waktu beristirahat dan relaksasi, sehingga stress pada tubuh dan jiwa dapat dinetralisir.
  • Kembangkan hubungan sosial yang baik. Memiliki sahabat – sahabat yang baik, koneksi dan relasi baru, dapat memberikan rasa senang. Hubungan sosial yang positif secara umum baik untuk kesehatan jiwa.
  • Berlibur. Setelah sibuk dengan rutinitas sehari – hari, maka disarankan untuk menikmati liburan seperti berkunjung ke tempat – tempat favorit bersama keluarga dan teman.
  • Sebaiknya tidak bekerja melebihi kemampuan otak dan tubuh, karena penelitian membuktikan orang yang sering bekerja lembur lebih dari 8 jam sehari memiliki resiko lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner.

Prinsip sederhana dan sehat untuk  melakukan pengaturan makanan yangbaik buat tubuh adalah : Sarapan pagi

  • Sarapan pagi sangat penting untuk tubuh karena selama tidur malam selama 6 jam, tubuh mengalami kelaparan dan memerlukan energi untuk memulai aktifitas di pagi hari sampai waktunya makan siang.
  • Makan Siang dengan mengikuti panduan diet seimbang yaitu Karbohidrat (nasi, mie, pasta, roti,dll) dan serat (sayur dan buah) masing-masing 35%, Protein (ikan, daging, tahu,tempe,kacang-kacangan,dll) sebanyak 12,5% kemudian  Susu, keju, dan produk susu sebanyak 12,5% di ikuti dengan makanan mengandung gula tinggi (kue, soda, biskuit, dll) sebanyak 5%
  • Hindari ngemil, karena tambahan karbohidrat dan gula ekstra tidak diperlukan oleh tubuh bila tubuh tidak bekerja keras (pada atlit dan pekerja kasar lainnya) Sebaiknya tidak mengkonsumsi : cemilan,es krim, kue – kue, biskuit, permen, coklat dll.
  • Batasi intake Karbohidrat kompleks. Nasi, mie, pasta, jagung, kentang dan lain lain sebaiknya dibatasi jumlah yang dimakan. Tingkatkan konsumsi serat dari sayur, buah, dan konsumsi protein dari ikan, daging merah, tahu, dan tempe.
  • Makan malam sebelum jam 6 sore dengan porsi yang sedikit karena malam hari tubuh tidak memerlukan banyak kalori.
  • Untuk wanita, pastikan kebutuhan Kalsium tubuh terpenuhi dengan minumm susu non fat / susu skim satu gelas sehari atau dapat digantikan dengan konsumsi suplemen Kalsium.

Kekurangan kalsium dalam darah sering disalah-artikan tubuh sebagai rasa lapar.

Bila merasa lapar diantara waktu makan, sebaiknya hindari godaan untuk ngemil dengan minum satu gelas air putih. Hal ini dikarenakan tubuh sering salah mengartikan rasa haus menjadi rasa lapar.

Ikuti saran cerdas dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau jeruk nipis dalam satu gelas air putih. Keuntungannya selain menambah asupan Vitamin C untuk tubuh, memberi rasa segar untuk air yang diminum, juga merupakan cara detoksifikasi sederhana.

Saran kami sebelum minum suplemen apapun sebaiknya di konsultasikan dulu dengan Dokter.

  • Disarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh, minimal sekali dalam sebulan, dengan cara sederhana yaitu melakukan puasa, karena puasa berguna untuk mengistirahatkan organ pencernaan dan membuang racun yang tidak diperlukan oleh tubuh.
  • Hindari minuman manis, kopi, teh, sirup, minuman bersoda dan alkohol.
  • Setiap makan, sebaiknya kunyah makanan secara perlahan, dan nikmati dan pikirkan setiap rasa dan tekstur makanan, dan jangan makan secara terburu – buru.
  • Sebelum makan, dimulai dengan minum satu gelas besar air putih atau makan bebapa potong buah sehingga saat masuk dalam makanan besar, porsi makan akan secara otomatis berkurang.

Cara yang sehat adalah penurunan berat 2 kg dalam 1 minggu, jangan memaksakan diri karena mungkin pada minggu – minggu awal pencapaian hanya 1 kg / minggu.

Tetaplah konsisten dan rutin mengikuti saran sehat ini, untuk mencapai tujuan jangka panjang memperoleh Berat Badan Ideal dan mempertahankannya.

Tetaplah berpikiran dan berlaku Positif, karena baik untuk jiwa dan tubuh.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trend superfood atau makanan super murah kian melanda masyarakat Indonesia

9 Makanan Super Murah yang Wajib Kamu Coba

Tidak perlu habis biaya mahal untuk mendapatkan nutrisi padat dengan 9 makanan super murah berikut. Apa saja makanan super tersebut?