Tips Diet Alami

MB Info Penanya: MB, Pria, 19 Tahun
Tips diet bagaimana yang aman untuk kesehatan dan cepat menurunkan berat badan? Dan tolong sebutkan menu menu nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Bapak M,

Diet adalah Pengaturan pola makan, yaitu mengatur Pola Makan supaya memperoleh tubuh yang sehat. Bukan menahan lapar atau tidak untuk mengurangi Berat Badan dan menjadi lebih kurus.

Saat melakukan  “diet ketat” dengan mengurangi makan secara berlebih dan menahan lapar, Berat Badan yang hilang dari tubuh adalah 50% lemak dan 50% otot. Hal ini terjadi karena lemak merupakan cadangan makanan tubuh yang akan tetap disimpan tubuh untuk bertahan hidup. Sehingga saat tubuh kelaparan, maka yang dipakai sebagai cadangan energi awal adalah otot baru diikuti dengan lemak. Jadi saat diet dihentikan, maka Berat Badan akan kembali dan terdiri dari 100 % Lemak, sedangkan otot harus dikembalikan dengan latihan dan olahraga  rutin. Hal ini menjelaskan bahwa tidak ada diet yang instan dan cepat untuk menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan secara alami dapat dilakukan hal-hal seperti : 

  • Makan secara perlahan, dikarenakan otak membutuhkan waktu 20 menit untuk memberikan sinyal bahwa tubuh merasa kenyang.
  • Tidur yang cukup yaitu 7-8 jam dikarenakan tidur yang cukup dapat membuat sistem metabolisme tubuh bekerja lebih baik dan memudahkan Anda untuk mempertahankan berat badan seimbang.
  • Perbanyak makan sayur. Kandungan serat dan air yang tinggi akan membuat Anda terasa kenyang dengan sedikit kalori. Sayuran yang di anjurkan adalah : sayuran berdaun hijau, seledri, asparagus, serta wortel.
  • Sup untuk menu pembuka. Sup mengandung banyak kuah yang berisi sayuran dan protein. Sup bermanfaat di awal hidangan karena bisa membatasi nafsu makan Anda dan mengurangi keinginan makan berlebihan.
  • Mengonsumsi makanan biji-bijian seperti beras merah, barley, oat, buckwheat, dan gandum utuh. Jenis biji-bijian ini dapat membantu penurunan berat badan bertahap dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidak melewatkan sarapan pagi
  • Makan dengan porsi kecil namun sering

Kelompok sumber makanan dalam Pedoman Gizi Seimbang terbagi Lima, yaitu:

  1. Sumber energi/tenaga (Karbohidrat) : Padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dan lain-lain sebesar 60 - 80 %
  2. Sumber zat pembangun (Protein) : ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai. Komposisinya adalah 30 %
  3. Lemak sebanyak 10 %
  4. Sumber zat pengatur : sayur dan buah-buahan
  5. Air putih sampai 2 liter / hari

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sereal dan susu menjadi salah satu makan malam untuk diet yang aman untuk dimakan, asal porsinya masih wajar.

Jangan Takut, 8 Makan Malam untuk Diet Ini Aman Dikonsumsi

Perut berbunyi di tengah malam, mungkin menjadi tanda bahwa Anda lapar. Namun, saat program menurunkan berat badan sedang dijalankan, apakah ada makan malam untuk diet yang boleh dikonsumsi?