Tips Bagi Pekerja Kantoran Agar Tetap Sehat dan Bugar

KM Info Penanya: KM, Wanita, 23 Tahun
Dok, supaya tetap bisa sehat dan bugar untuk pekerja kantoran caranya bagaimana ya, karena pagi sampai sore di kantor?Sekalian saya punya rencana mau mengadakan seminar intern di kantor tentang kesehatan yang selama ini kurang diperhatikan. Kira-kira tema yang bisa saya angkat apa ya, Dok?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu K,

Sebagai pekerja kantoran, tentu penting untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga supaya dapat terus berprestasi dan berinovasi. Tidak perlu muluk-muluk, beberapa cara sederhana bisa dilakukan agar ibu tetap bisa menjaga kebugaran meski harus duduk di kantor seharian, seperti di bawah ini:

  1. Tidak melewatkan waktu makan baik sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Terapkan pola hidup sehat dan gizi seimbang supaya tubuh tetap sehat dan fit.
  2. Jika memungkinkan, Ibu disarankan untuk datang ke kantor lebih awal dari waktu bekerja sehingga tidak terburu-buru dan masih memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan pada hari itu.
  3. Ibu disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sederhana seperti berjalan. Kegiatan ini dapat dimulai dengan naik angkutan umum atau parkir agak jauh dari kantor, sehingga bisa berjalan kaki. Selain itu, perbanyak naik tangga dan kurangi penggunaan lift atau eskalator.
  4. Minum air putih yang cukup, yaitu sekitar 2 Liter per harinya, hal ini setara dengan 8 – 12 gelas air putih.
  5. Tidur dan beristirahat yang cukup. Untuk orang dewasa, tidur malam yang berkualitas adalah antara 6 sampai 7 jam setiap malam, dan waktu tidur yang baik adalah  antara jam 10 malam sampai jam 5 pagi.
  6. Olahraga teratur, dapat dimulai dengan jalan kaki atau joging, dengan waktu 3 kali setiap minggu dan 20 menit setiap kali berolah raga. Lakukan secara rutin dan bertahap.
  7. Jaga kesehatan jiwa dengan bersosialisasi dan berhubungan baik dengan rekan sekantor, bersaing secara sehat dengan rekan sekerja, dan hindari stres dari pekerjaan karena dapat berakibat mengganggu kesehatan.
  8. Manfaat waktu libur dengan rekreasi secukupnya agar energi tubuh maupun psikis kembali terisi. 
  9. Berikan reward (hadiah) untuk diri sendiri dengan berbelanja tas atau baju saat mendapat bonus atau saat gajian. Hal ini dapat membantu menimbulkan rasa percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri.

Bila bermaksud mengadakan seminar dan diskusi tentang kesehatan dikantor, disarankan untuk mengundang pakar kesehatan seperti Dokter Umum, Dokter Spesialis atau ahli nutrisi maupun pakar kesehatan lainnya. Ibu dapat memilih topik yang sedang ramai dibicarakn di kalangan teman-teman kantor maupun masyarakat.

Topik seperi pola hidup sehat, cara diet yang benar dengan nutrisi yang seimbang, serta pencegahan penyakit tertentu yang sedang marak di derita dapat dicoba. Selain itu, tips untuk melakukan olahraga ringan di kantor juga mungkin dapat menarik untuk dipelajari bagi para pekerja kantoran. Semoga rencana seminar berjalan dengan sukses.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaatkan fitur-fitur di MySehatQ untuk memantau kondisi kesehatan keluarga Anda

MySehatQ, Solusi Cerdas untuk Kebutuhan Kesehatan Keluarga Anda

MySehatQ adalah salah satu fitur SehatQ yang berfungsi untuk memantau kesehatan keluarga Anda. Dengan membuat akun MySehatQ, Anda akan diberikan kemudahan dalam memantau perkembangan kesehatan anggota keluarga Anda. Ada berbagai fitur yang dapat Anda gunakan, seperti kalender imunisasi dan janji bertemu dokter.