Tips bagaimana supaya cepat hamil

W Info Penanya: W
Dok saya winda baru punya putri 1.. saya mau minta saran agar saya bisa cepat hamil anak kedua dok, awalnya saya pake kb suntik 3 bln skali dok saat lepas saya pake pil selama 5 bulan stelah memakai pil haid saya teratur 1 bulan skali. Tapi udh ampir 2 bln saya brhnti minum karna pengen hamil. Tapi slama 2 bln itu haid saya cuma sdikit cuma 2 hari dlm sbulan. Di tespek negatif,usg juga kosong. Minta sarannya dok agar saya bsa cepat hamil lagi..dan kapan waktu tepat sel telur saya dibuahi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Cara supaya Anda cepat hamil adalah:
  • Memahami sikus menstruasi: silus menstruasi yang normal bagi wanita adalah 21-35 hari. Pada wanita yang mengalami siklus menstruasi 28 hari, dia akan mengalami masa subur di hari ke 10 sampai ke 17 dari hari terakhir periode menstruasi. Hitungan ini juga bisa berbeda bila masa haid lebih lama dari normal (5 hari). Untuk itu sangat disarankan agar pasangan suami istri berhubungan seks saat masa subur. Sehingga sel telur yang sudah matang segera dibuahi oleh sperma.
  • Frekuensi hubungan seks yang mencukupi: berhubungan seks dengan pasangan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jadi, jangan setiap hari.
  • Menjaga pola hidup sehat: menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan yang sehat dan gizi seimbang, membatasi konsumsi kafein.
  • Posisi seks terbaik: agar dapat cepat hamil, Anda bisa melakukan posisi seks misionaris (pria di atas) dan doggie-style (pria di belakang) agar penetrasi lebih dalam.
  • Meningkatkan kesuburan pria: dengan cara berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi nutrisi seperti asam folat, zinc, vitamin C, menghindari berendam air panas atau pergi ke sauna karena dapat membunuh sperma.
  • Konsultasi ke dokter kandungan: konsultasikan diri Anda ke dokter kandungan agar dapat diperiksa kembali kondisi organ reproduksi Anda sehingga Anda memperoleh penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flek saat hamil muda bisa menjadi pertanda gejala dari komplikasi kehamilan

Bumil Perlu Waspada, Inilah Penyebab Flek Saat Hamil Muda

Flek saat hamil muda adalah hal yang umum terjadi. Namun kondisi ini bisa merupakan gejala dari komplikasi kehamilan seperti pendarahan, iritasi, bahkan keguguran.