21 Jul 2021, 18:26Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mengalami pasien tipes?

AM
Info Penanya: AM, Pria, 19 Tahun
Halo dokter,mau tanya..ibu saya sakit tipes sudah 1 minggu lebih dan badannya beliau terasa capek,pegal-pegal,nyeri gitu dan beliau sampai merintih-rintih merasakan pegal-pegalnya dok,selama tipes beliau susah tidur karena sekujur tubuhnya merasakan pegal-pegal tersebut. Apa penyakit tipes seperti itu berbahaya dok? Bagaimana penanganan yang tepat untuk merawat orang yang sakit tipes dan bagaimana menangani rasa pegal-pegal yang dialami ibu saya dokter? Terimakasih dokter..
318 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam AM,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Tipes atau demam tifioid merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Penyakit ini bisa menular melalui makanan atau minuman yang tidak higienis. Sehingga tipes ini sering muncul karena seseorang yang suka jajan sembarangan, atau makanan minuman yang terkontaminasi, atau kebiasaan buruk jarang mecuci tangan.Seseorang yang terkena tipes tidak harus di rawat di rumah sakit, karena umumnya penyakit tipes bisa sembuh dengan sendirinya dengan pengobatan dan istirahat yang baik.

Beberapa tips merawat pasien tipes dirumah :

  • Berikan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Banyak konsumsi air putih
  • Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang diberikan
  • Istrahat total
  • Kosnumsi obat secara rutin
  • Selalu menjaga kebersihan
Jika muncul gejala yang lebih buruk seperti muntah, diare atau gejala bertambah parah, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dari dokter penyakit dalam. Atau Anda juga bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter penyakit dalam secara online chat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
masalah pencernaantipesdemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil