16 Oct 2020, 12:54Infeksi

Tipes apa harus opname?

AM
Info Penanya: AM0
Dok saya di diagnosa tipes sudah satu minggu, saya memilih rawat dirumah saja. Demam sudah mulai hilang tapi rasa pusing sama lemas masih ada apakah saya harus opname?
524 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AM,Tipes atau demam typhoid adalah demam yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Salmonella yang menyerang usus. Oleh karena itu seringkali penderitanya akan mengalami gangguan saluran cerna seperti diare atau menjadi sembeli.

Beberapa gejala tipes:

  • Demam yang dominan tinggi saat sore dan malam hari. Sehingga saat pagi dan siang penderitanya akan tampak lebih baik atau kembali sehat.
  • Sakit kepala yang sangat berat.
  • Gangguan saluran cerna.
  • Mual, muntah.
  • Tidak napsu makan.
  • Lidah akan tampak putih.
Bila Anda sudah cek darah dan hasilnya memang tipes, Anda perlu mengonsumsi antibiotik yang sudah diresepkan dokter secara teratur hingga tuntas. Bila kondisi Anda masih baik, tidak ada gangguan makan maka Anda tidak perlu rawat inap dan cukup minum obat sampai habis. Namun bila Anda sangat lemas, sulit makan maka memang sebaiknya rawat inap di Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.Yang perlu Anda lakukan adalah hindari asupan tinggi serat, namun masih boleh makan pisang, semangka, melon untuk melancarkan BAB Anda. Makan yang lunak seperti bubur atau nasi tim, dan minum obat secara teratur agar Anda lekas sembuh.Salam sehat,dr. Vina
demamtipesinfeksi usus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil