Apa tanda dan gejala dari penyakit demam tifoid?

LV Info Penanya: LV, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya Via berusia 26tahun.Saya mau bertanya, saya barusan cek darah dan positif salmonella typhi - O satu per tigaratus duapuluh.Badan saya tidak demam, hanya hangat dan cuma sedikit pusing.Sebaiknya saya harus bagaimana ya Dok?Terimakasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Demam tifoid adalah salah satu penyakit yang timbul dikarenakan adanya infeksi pada tubuh oleh bakteri yaitu salmonella typhi. Penyakit ini ditularkan melalui makanan yang dikonsumsi sudah tercemar dengan bakteri tersebut. Selain itu, pada penderita demam tifoid juga dapat menyebarkan melalui air kencing dan juga tinja. 

Adapun tanda dan gejala yang sering timbul saat terserang demam tifoid adalah:

Terkait dengan apa yang tanyakan, pemeriksaan penunjang yang dilakukan oleh dokter menandakan adanya bakteri tersebut pada tubuh Anda. Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengonsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter sesuai dengan anjurannya, hindari makanan pedas berlemak serta makanan berminyak, konsumsi makanan sehat dan bergizi, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir baik sebelum makan ataupun sesudah makan, jaga kebersihan diri serta lingkunangan sekitar dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi.

Jika keluhan yang Anda rasakan dirasa tidak membaik, saat obat dan bebrapa saran sudah dilakukan. Sebaiknya periksakan kembali diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan evaluasi terkait dengan pengobatan yang sudah pernah diberikan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LV
30 Jul 2020, 16:21
Terimakasih, Dok..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi lambung dapat menyebabkan heartburn dan nyeri perut

Infeksi Lambung Menyerang, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

Infeksi lambung disebabkan oleh bakteri H. Pylori dan tidak selalu menimbulkan gejala. Terdapat berbagai pengobatan yang dapat Anda tempuh, di antaranya dengan antibiotik dan berbagai jenis obat lainnya.