Mengapa tinja menjadi keras?

AT Info Penanya: AT
selama hampir dua minggu ini setiap saya buang air, tinja saya pada awal buang air selalu keras sehingga perlu mengedan, setelah bagian keras lewat selanjutnya tinja teksturnya normal tidak keras.Saya buamg air setiap harisaya tidak minum obat.....makan spt biasa, selalu berusaha banyak sayuransebelum kejadian ini buang air saya normal dan tak perlu mengedanmohon advicenya, mengapa tinja saya keras
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tinja yang keras berawal dari sulitnya untuk buang air besar. Kesulitan dalam buang air besar bisa disebabkan karena berbagai faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan susahnya BAB yaitu kurang mengkonsumsi makanan yang berserat, kebutuhan cairan kurang, tidak aktif bergerak, stress, kebiasaan menahan buang air, hamil, faktor usia, dan akibat pemakaian obat-obatan tertentu.

Untuk mengatasi hal diatas, Anda dapat melakukan hal berikut ini:

  • Mengkonsumsi buah apel.
  • Mengkonsumsi buah kiwi.
  • Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau.
  • Buah pir.
  • Bua ara.
  • Kacang-kacangan.
  • Ubi. 

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sudah dijelaskan diatas, lalu perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak beraktivitas sehingga tinja tidak keras dan bisa lunak kembali. Jangan memaksakan untuk BAB jika Anda tidak ada keinginan buat BAB, karena itu bisa mempengaruhi kondisi tinja. Jika tidak ada perubahan, sebaikan segera lakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diberikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai manfaat kentut bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui

Jangan Ditahan, Ternyata Ini 6 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Meski dapat menimbulkan aroma tidak sedap, ternyata ada berbagai manfaat kentut bagi kesehatan tubuh. Kentut adalah proses alami yang merupakan bagian dari sistem pencernaan serta baik bagi kesehatan.