Tingkat stres dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada

P Info Penanya: P, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi Dokter,Saya sering sesak nafas diikuti nyeri dada kiri dan kadang bisa sampai punggung, badan terasa dingin dan gemeteran, sakit ini sering kambuh kalo stres terlalu capek, banyak pikiran dan emosi tapi bila dada kiri sakit saya tidak bisa menunjuk dimana letaknya. Biasanya hanya pegang dada kiri dengan kuat. Pernah cek ke dokter dan di rekam jantung, kata dokter normal saja tapi sesak itu masih sering dirasakan, dan sekarang bingung sebenernya saya itu kenapa?Mohon jawabannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu P,

Bila keluhan sesak dan sakit pada dada, telah diperiksa oleh Dokter dan tidak ditemukan adanya kelainan fisik yang berarti maka kemungkinan penyebab sakit lainnya dapat kita pikirkan. Sakit dada dan sesak napas mungkin juga disebabkan karena pengaruh kondisi psikis / mental, seperti stress, emosi dan ketegangan jiwa.

Sebaiknya mulai mencoba lebih terbuka dalam menghadapi segala hal, jangan terlalu dipikirkan. Tidak melibatkan emosi dalam setiap situasi. Belajar sabar dan lebih santai. Hidup masih panjang dan masih banyak yang harus kita raih dan nikmati. Jalani hidup dengan penuh rasa syukur dan selalu berdoa.

Salam Sehat