Apakah bisa menambah tinggi badan di usia 18 tahun?

FS Info Penanya: FS
Dok apakah di umur saya 18 tahun saya masih bisa tumbuh tinggi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FS,

Tinggi badan adalah salah satu ukuran pertumbuhan diri yang dipengaruhi oleh beragam faktor seperti faktor genetik, asupan nutrisi, aktivitas fisik sehari-hari, pola istirahat dan juga hal lain. Pada laki-laki sering kali pertumbuhan tinggi akan berhenti saat usia 18 tahun.

Jadi jika sudah mencapai usia 18 tahun, usaha-usaha yang dilakukan bisa tidak lagi efektif untuk bisa menambah tinggi badan. Tetapi bisa berusaha melakukan beberapa hal untuk membantu menambah tinggi badan seperti mengonsumsi suplemen seperti yang kaya zinc, vitamin D, vitamin C, melakukan olahraga yang membantu memperbaiki postur tubuh sehingga bisa tampak lebih tinggi dan juga bisa mengatur penampilan sehingga tidak tampak lebih pendek atau bisa tampak lebih tinggi.

Perlu berhati-hati pada produk-produk yang menjanjikan mampu menambah tinggi badan terlebih jika produk tersebut tidak terdaftar pada BPOM. Dimana dikhawatirkan produk tersebut bisa menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan bagi tubuh.

Tetap percaya diri dengan tinggi badan Anda karena penampilan ataupun tinggi badan tidak selalu menjadi tolak ukur pada keberhasilan di masa depan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan dengan kandungan senyawa flavonoid seperti dark chocolate dapat membantu mengatasi peradangan

Senyawa Flavonoid, Benteng Pertahanan Tubuh dari Penyakit

Senyawa flavonoid adalah benteng perlindungan tubuh terbaik dari berbagai jenis penyakit. Senyaawa ini biasanya terdapat dalam buah dan sayur.