Apa benar tinea korporis?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 23 Tahun
Halo dok, saya mau tanya mengenai gatal meradang di lutut saya.. Waktu ke rumah sakit dokter bilang kalau saya terkena tinea korporis lalu saya di beri obat minum dan salep racikan..untuk pemakaian pertama dalam seminggu rasa gatal dan peradangan suda hilang tapi saat obat dan salepnya habis malah kembali muncul gatalnya meski tidak terlalu parah seperti di awal. Untuk pengobatannya sendiri bagaimna ya dok? Obat dan mungkin konsumsi makanan yang harus bagaimna? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Tinea corporis adalah infeksi jamur yang menyerang pada bagian badan, yang ditandai dengan ruam kemerahan berbentuk seperti koin koin dengan pinggiran yang menimbul, sehingga seolah-olah bagian tengahnya sembuh. Kondisi ini terjadi bila kurang menjaga kebersihan dengan baik, sering berkeringat, dan banyak makan makanan yang manis, serta adanya penyakit diabetes.

Bila Anda didiagnosa tinea corporis, maka yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Jaga kebersihan dengan rajin mandi, atau bilas dengan air ketika berkeringat dan setelah aktivitas diluar rumah.
  2. Bila terasa gatal kompres dengan es batu, jangan digaruk, atau cukup ditepuk-tepuk dengan telapak tangan.
  3. Hindari makanan yang manis dan keju-kejuan, batasi lemak.
  4. Oleskan bedak salisil secara rutin.

Selama penyakit masih kambuh, artinya pengobatan belum tuntas. Bisa diperbaiki pola hidupnya dan tetap gunakan obat dari dokter dan lakukan kontrol secara berkala. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit karena keluhan gatal juga bisa disebabkan oleh eksim, dan tentunya pengobatannya berbeda dengan tinea corporis.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infkesi nosokomial adalah infeksi yang muncul akibat bakteri, kuman, maupun virus yang terdapat di rumah sakit

Mengenal Infeksi Nosokomial, Saat Rumah Sakit Jadi Sumber Penyakit

Infeksi nosokomial atau yang dapat juga disebut sebagai hospital-acquired infection adalah infeksi yang didapat di lingkungan rumah sakit akibat bakteri, virus, maupun jamur. Meski steril, rumah sakit rupanya masih bisa menjadi lokasi awal terjadinya penularan penyakit.