Benjolan di leher setelah sebelumnya terkena TB kelenjar

AS Info Penanya: AS, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam dok.. Saya wanita berusia 29 tahun.. Dua tahun yang lalu saya di diagnosis mengalami TB kelenjar dan setelah konsultasi dengan dokter saya memutuskan untuk operasi dan pengobatan selama satu tahun. Setelah saya merasa sembuh, ahir" ini saya merasa sakit lagi di leher ternyata ada benjolan kecil lagi di leher.. Apa TB kelenjar itu belum sembuh total dok? Dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Benjolan di leher adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa penyebab, dimana benjolan sendiri bisa terasa keras, lunak ataupun juga ukurannya yang bisa kecil dan makin membesar ataupun ukurannya menetap.

Beberapa penyebab benjolan di leher

Penyebab benjolan dileher seperti:

  • Infeksi kelenjar getah bening atau disebut limfadenitis misalnya akibat infeksi TBC
  • Pembengkakan kelenjar getah bening karena infeksi di organ lain
  • Benjolan akibat pembesaran sel lemak atau lipoma
  • Pembesaran kelenjar tiroid
  • Adanya kista ataupun infeksi kulit
  • Penyebab lainnya

Jika sebelumnya sudah pernah terdiagnosa TBC kelenjar dan sudah dilakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh, maka saat ini perlu dipastikan kembali apa penyebab benjolan di leher tersebut. Tidak selalu karena TBC kelenjar yang kambuh kembali.

Periksakan diri pada dokter spesialis penyakit dalam atau pada dokter spesialis bedah agar nantinya dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan untuk memastikan benjolan seperti pemeriksaan lab darah, foto rontgen, USG, biopsi ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Nantinya penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya baik pengobatan saja ataupun sampai diperlukan tindakan operasi kembali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.