Flek coklat saat hamil 30 minggu, kenapa?

S Info Penanya: S, Wanita, 30 Tahun
Mlm dok,usia kandungan saya 30minggu tiba2 muncul flek coklat dan perut saya terasa kencang dan kerasApakah tidak berbahaya dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Kehamilan adalah hal yang diidam-idamkan oleh para wanita yang sudah menikah. Saat hamil, seorang wanita akan mengandung janin yang bertumbuh. Setelah kurang lebih sembilan bulan, janin tersebut akan lahir ke dunia sebagai bayi, dan menjadi pelengkap bagi keluarga.

Pada usia kehamilan 30 minggu, ukuran janin kurang lebih sebesar brokoli. Di usia ini, penglihatan dan otak akan terus berkembang. Janin mulai bisa mengatur suhu tubuhnya. Sumsum tulangnya mulai memproduksi sel darah merah. Janin akan terus berkembang sampai siap untuk dilahirkan.

Terkait kondisi yang Anda alami yaitu bercak cokelat dan kencang-kencang pada perut, bisa merupakan tanda akan melahirkan prematur atau bisa juga hanya kontraksi palsu. Selain kedua hal yang Anda alami, perlu diperhatikan juga apakah ada tanda-tanda melahirkan yang lain seperti pecah ketuban, keluar lendir kental, lebih sering berkemih, dan kontraksi yang dirasakan secara teratur. Jika ada, segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, ya. 

Jangan lupa selalu menjaga kehamilan Anda dengan mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya vitamin dan mineral. Minum air putih yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Zigot memasuki rahim beberapa hari setelah pembuahan

Apa Itu Zigot dan Tahapannya dalam Kehamilan

Dalam mata pelajaran Biologi, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kata zigot. Zigot termasuk salah satu dalam tahapan proses kehamilan. Namun, apa itu zigot?