Apakah penyebab benjolan pada penis?

A Info Penanya: A
dok saya mau nanya saya sering melakukan masturbasi dan beberapa hari kemudian di penis saya timbul benjolan kecil dan waktu itu saya masih melakukan masturbasi setelah beberapa minggu benjolan tersebut membesar dan terasa seperti terbakar dan juga seperti timbul nanah di dalam benjolan besar tersebut saya tidak tau apakah lymphocele atau herpes tolong bantu di jawab dok dan mengatasi nya bagaimana terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Limfokel adalah munculnya benjolan yang keras pada penis secara tiba-tiba yang biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual atau masturbasi. Hal ini dapat terjadi karena adanya sumbatan limfonodi pada penis. Biasnaya limfokel ini bisa hilang dengan sendirinya. 

Herpes genital merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex. Gejala awal yang muncul adalah berupa rasa panas atau gatal pada sekitar kelamin, sakit kepala, demam serta setelah beberapa hari diikuti dengan munculnya luka yang nyeri pada area kelamin. Herpes genital ini ditularkan melalui hubungan seksual, oral sex, air liur atau cairan tubuh lain dari penderita. 

Selain itu, adapun beberapa penyebab lain benjolan pada penis adalah:

Tindakan yang bisa anda lakukan saat ini adalah lakukan perawatan luka dengan baik, hindari menyentuh area luka terlebih jika Anda belum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari melakukan aktivitas seksual sampai sembuh, tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, lakukan olah raga rutin agar badan tetap bugar. 

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masturbasi yang berlebihan adalah salah satu penyebab penis patah.

Tidak Hati-hati Ketika Berhubungan Seksual, Penis Patah Bisa Terjadi

Mungkin Anda pernah mendengar tentang penis patah, tanpa mengetahui penyebabnya. Kondisi medis ini bisa terjadi pada penis setiap pria, terutama ketika sedang ereksi. Bagaimana penjelasannya?