Timbul benjolan berisi cairan dan nanah di area rambut kepala apakah itu?

TC Info Penanya: TC, Pria, 17 Tahun
Hai ada yg bisa bantu gak ya saya kan kemaren ketimbang di kepala sudah bersampo banyak pun tak. Hilang hilang akhirnya saya ambil keputusan saya kopek kopek ketombe nya terus gak lama ada di suatu bagian yg sakit sekali saat di cabut begitu berhasil kepala tanpakk berair seperti darah begitu besok nya langsung banjol dengan ujung benjolan nya runcing ada yg tau gak ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TC !

Kulit pada daerah kepala adalah kulit yang didalamnya terdapat banyak kelenjar minyak dan kantung rambut atau disebut dalam medis yakni Folikel rambut. di dalam folikel rambut terdapat pembuluh darah untuk mensuplay aliran darah berisi nutrisi dan oksigen untuk kesehatan rambut, selain itu di ujung folikel rambut terdapat pori pori tempat keluarnya rambut dimana lubang itu juga mampu digunakan oleh bakteri yang hidupdi kulit rambut untuk masuk dan menginfeksi.

Di kulit kepala juga terdapat kelenjar minyak yang berguna mengeluarkan minyak untuk melumasi rambut. saat keadaan lembab atau minyak terlalu banyak di rambut kepala maka akan menyebabkan keadaan kulit sekitar rambut jadi asam sehingga membuat bakteri berkembang cepat dan membuat kotoran rambut (ketombe) makin banyak dan mengerak.

Pada suatu kondisi gatal, biasanya tidak sengaja rambut ataupun ketombe yang mengerak ikut tercabut secara keras sehingga menimbulkan perlukaan di kulit sekitar folikel rambut. oleh karena itu terjadilah keluar darah kemudian bakteri bisa masuk ke dalam folikel rambut dan mengakibatkan infeksi pada folikel rambut atau istilah medisnya Folikulitis. Gejala folikulitis ini adalah rasa perih, gatal, nampak benjolan berisi nanah dan terkadang diikuti rasa panas bahkan demam.

Beberapa tips untuk mengurangi rasa tidak nyaman yakni :

  1. Jangan sering menggaruk pada luka tersebut agar tidak memperparah rasa nyeri dan infeksi.
  2. Hindari memakai penutup kepala misal topi agar tingkat kelembapan di kulit kepala berkurang.
  3. Sering gunakan shampo terutama jenis anti dandruff agar kotoran di kepala tidak menumpuk dan membuat bakteri mudah berkembang biak.

Berikut saya sertakan artikel tentang Apakah folikulitis dan penanganannya ?

Konsultasikan ke dokter spesialis kulit apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab rambut kering dapat berupa faktor lingkungan, faktor cara merawat rambut, dan faktor penyakit

Jadi Susah Diatur, Ini Sederet Penyebab Rambut Kering Anda

Anda tentu kerap tak pede, jika memiliki rambut kering. Tak hanya itu, rambut kering juga lebih susah diatur atau disisir. Ada berbagai penyebab rambut kering, yang harus Anda ketahui. Penyebab tersebut, mulai dari faktor lingkungan, cara merawat rambut, hingga penyakit penyakit.