Susah tidur dan merasa tidur tidak nyenyak

Y Info Penanya: Y
Dok izin bertanya, akhir2 ini saya mengalami susah tidur dengan nyenyak dan ketika saya tidur suhu badan saya menjadi panas. Apakah ini gejala penyakit dan apa yang perlu saya perbuat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y, 

Gangguan susah tidur ada beragam jenisnya dimana salah satunya adalah insomnia. Insomnia sendiri bisa terjadi sulit memulai tidur, sulit tidur kembali setelah terbangun ataupun bangun terlalu awal atau sulit mempertahankan tidur.

Sering kali insomnia berkaitan dengan kondisi kesehatan terutama kondisi psikologis. Saat mengalami stres, cemas, depresi ataupun malah terlalu bersemangat bisa menimbulkan masalah tidur. Tidak jarang bisa juga terjadi mimpi buruk yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

Apabila merasa suhu badan menjadi panas bisa coba mengukur suhu tubuh apakah memang terjadi demam atau tidak. Untuk bisa mengatasi keluhan yang timbul bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Buat lingkungan tidur senyaman mungkin, seperti hindari cahaya yang terlalu silau, atur suhu ruangan agar tidak panas ataupun terlalu dingin, hindari bising
  • Olahraga teratur setiap harinya
  • Atur jam tidur baik tidur malam ataupun tidur siang dengan teratur
  • Hindari makan sebelum tidur, bisa mengonsumsi camilan jika lapar
  • Lakukan relaksasi seperti mandi air hangat, minum teh, ataupun dipijat sebelum tidur
  • Bisa mendengarkan musik pengantar tidur
  • Kelola stres dengan baik

Jika tetap mengalami kesulitan untuk bisa tidur cepat ataupun sulit tidur nyenyak, perlu perhatikan kondisi apa yang jadi penyebab sulit tidur. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter atau dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater untuk mengatasi gangguan tidur yang dialami.

Hindari sembarangan mengonsumsi obat tidur ataupun suplemen untuk membantu tidur apabila belum memeriksakan diri agar tidak terjadi efek yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi adalah gangguan tidur yang menimbulkan rasa kantuk yang tidak tertahankan dan membuat orang tidur seketika meskipun saat sedang bekerja

Fenomena Orang Tidur Seketika Disebabkan oleh Penyakit Narkolepsi

Penyakit narkolepsi dapat menyebabkan orang tidur di pagi dan siang hari akibat rasa kantuk yang berlebih dan tidak tertahankan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sering mengantuk dan kebanyakan tidur hingga sampai pada tahap mengganggu kegiatannya sehari-hari.