TIdur lebih awal karena stres dan depresi

RP Info Penanya: RP, Pria, 22 Tahun
Dok, saya selama ini tidurnya lebih awal karena aku mengalami stres dan depresi. Bagaimana cara menghilangkannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RP,

Keluhan stres dan depresi dapat menimbulkan beberapa gangguan pada diri mulai dari mengganggu aktivitas akibat kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, menarik diri dari pergaulan, merasa tidak berharga, merasa sedih yang berkepanjangan, ataupun bisa sampai menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri. Pada kondisi fisik juga bisa menimbulkan sejumlah gangguan seperti kelelahan, gangguan tidur, gangguan konsentrasi, gangguan psikomotor dan lainnya.

Untuk menghilangkannya perlu mencari tahu apa yang menjadi pemicunya. Upayakan bisa meningkatkan pikiran positif sehingga stres bisa dikelola dengan baik dan tidak memicu depresi. Penting juga untuk berbagi cerita dengan orang terdekat atau orang yang di sayang sehingga bisa dibantu mengatasi penyebabnya. Jika kesulitan, dapat juga berkonsultasi pada profesional seperti dokter spesialis jiwa atau psikolog sehingga bisa mendapatkan penanganan baik dilakukan konseling ataupun jika membutuhkan pengobatan. Lakukan kegiatan atau aktivitas fisik positif seperti olahraga yang bisa membuat Anda mengalihkan dari stres ataupun depresi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis-jenis makanan yang dapat membantu tidur nyenyak

Susah Tidur? Coba 7 Makanan Ini untuk Membantu Tidur Nyenyak

Anda suka ngemil atau merasa lapar di tengah malam? Cobalah 7 makanan yang membantu tidur nyenyak berikut ini, agar berat badan Anda tetap ideal.