TIdur lebih awal karena stres dan depresi

RP Info Penanya: RP, Pria, 22 Tahun
Dok, saya selama ini tidurnya lebih awal karena aku mengalami stres dan depresi. Bagaimana cara menghilangkannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RP,

Keluhan stres dan depresi dapat menimbulkan beberapa gangguan pada diri mulai dari mengganggu aktivitas akibat kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, menarik diri dari pergaulan, merasa tidak berharga, merasa sedih yang berkepanjangan, ataupun bisa sampai menimbulkan keinginan untuk menyakiti diri. Pada kondisi fisik juga bisa menimbulkan sejumlah gangguan seperti kelelahan, gangguan tidur, gangguan konsentrasi, gangguan psikomotor dan lainnya.

Untuk menghilangkannya perlu mencari tahu apa yang menjadi pemicunya. Upayakan bisa meningkatkan pikiran positif sehingga stres bisa dikelola dengan baik dan tidak memicu depresi. Penting juga untuk berbagi cerita dengan orang terdekat atau orang yang di sayang sehingga bisa dibantu mengatasi penyebabnya. Jika kesulitan, dapat juga berkonsultasi pada profesional seperti dokter spesialis jiwa atau psikolog sehingga bisa mendapatkan penanganan baik dilakukan konseling ataupun jika membutuhkan pengobatan. Lakukan kegiatan atau aktivitas fisik positif seperti olahraga yang bisa membuat Anda mengalihkan dari stres ataupun depresi tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah dapat kerja bisa menimbulkan stres dan sebagian besar orang bahkan sedang merasakan sulitnya mencari kerja

Stres karena Susah Dapat Kerja? Coba Atasi dengan 7 Tips Ini

Sulitnya mencari kerja sekarang ini berpotensi menimbulkan stres. Namun, stres karena susah dapat kerja bisa menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan mental serta hubungan dengan teman dan keluarga.