Tidur kurang dari 4 jam apakah efeknya pada tubuh?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 2019 Tahun
Dok, sbnrnya klo dlm sehari tidur tdk lbh dr 4 jam baik bagi tubuh ngga si? Sy sendiri sprti itu.seringnya 4 jam dlm sehari.siangnya jg tdk pernah tidur, krn aktfts sy yg tdk memungkinkan sy utk tdur. Mhon pnjlsnnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SAL

Terima kasih atas pertanyaannya.

Semakin banyak hasil penelitian yang menunjukkan hubungan antara kualitas tidur yang buruk dan/atau kurang tidur sebagai penyebab berbagai penyakit. Beberapa diantaranya adalah tekanan darah tinggi, diabetes dan depresi. Kurang tidur akan mempengaruhi produksi insulin pada tubuh sehingga mengakibatkan bertambahnya diabetes. Begitu juga orang dengan hipertensi dan sleep apnea bila ditangani gangguan tidurnya akan menurunkan tekanan darahnya. Kurang tidur juga akan mengakibatkan naiknya kadar hormon pertumbuhan dan mengakibatkan obesitas. Hormon pertumbuhan tersebut mengatur rasa lapar dan kenyang pada tubuh.

Dan Anda tidak dapat mengakumulasi jumlah jam tidur di akhir pekan. Karena kebutuhan tidur yang cukup bersifat harian. Berdasarkan data yang ada, orang dewasa memerlukan 7-9 jam tidur per harinya agar dapat menjaga kesehatan yang optimal. Insomnia juga bukan hanya ditandai dengan sulitnya Anda tidur tapi juga bangun terlalu cepat dan tidak bisa tidur kembali. Sering bangun di malam hari dan bangun tidur masih merasa tidak segar. Berikut artikel mengenai beberapa tanda kurang tidur yang perlu Anda ketahui.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penelitian membuktikan, manfaat tidur bisa membuat Anda memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik.

Manfaat Tidur untuk Selesaikan Masalah, Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya?

Ternyata, tidur untuk menyelesaikan masalah bukan sekadar omongan belaka. Terdapat penjelasan ilmiah yang membuktikan, tidur dapat membantu Anda menyelesaikan masalah di pagi harinya.