Tidur mendengkur dengan mulut terbuka, bagaimana mengatasinya ?

S Info Penanya: S
Hi , saya wanita berumur 24 tahun . Saya mengalami masalah berdengkur dan tidur dengan mulut terbuka . Kekadang saya mengalami masalah air liur basi secara berlebihan . Setelah bangun tidur saya akan rasa tidak selesa pada kerongkong dan hidung saya bole dikatakan pada saluran pernafasan saya . Bole saya tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini ? Saya baru menyedarinya beberapa bulan ini . Saya rsa sangat malu bila ada yang tegur saya berdengkur dan tidur dengan mulut terbuka .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Tidur mendengkur adalah keluhan saat tidur yang berhubungan dengan saluran pernapasan. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan keluhan tidur mendengkur dengan mulut yang terbuka, seperti gangguan pada hidung hingga infeksi. Faktor-faktor tersebut pun dapat berupa keadaan yang ringan hingga yang lebih serius.

Berikut penyebab tidur mendengkur yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • hidung tersumbat
  • posisi tidur terlentang yang menyebabkan lidah berbalik pada keadaan otot yang sedang lemah saat tidur sehingga menutupi jalur pernapasan 
  • bentuk hidung tertentu
  • bentuk mulut tertentu
  • infeksi pernapasan
  • kelebihan berat badan

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin disebabkan oleh salah satu faktor yang telah diuraikan diatas, untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter Spesialis THT untuk mengetahui apakah ada kelainan pada hidung, mulut atau tenggorokan Anda. Dan Anda dapat menyingkirkan kemungkinan faktor penyebab lainnya dengan tips berikut ini.

Tips untuk mengatasi tidur mendengkur, diantaranya adalah :

  • tidur dengan posisi tubuh miring atau hindari posisi terlentang saat awal tidur
  • berusaha mencapai berat badan yang ideal
  • hindari konsumsi alkohol
  • menggunakan alat bantu yang mungkin akan disarankan dokter setelah Anda memeriksakan diri
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat diffuser membutuhkan essential oil untuk berfungsi

Jangan Asal Pakai, Ini Perbedaan Humidifier, Diffuser, dan Purifier

Meski tampak serupa, ada perbedaan yang signifikan antara humidifier, diffuser, dan purifier. Anda harus tahu apa kebutuhan Anda sebelum membelinya karena masing-masing memiliki fungsi hingga cara kerja yang berbeda.