01 Jun 2020, 09:32Kandungan

Perdarahan dan kantong rahim sudah tidak ada, apa masih hamil ?

IT
Info Penanya: IT, Wanita, 31 Tahun
Dok, saya mau tanya, saya terakhir mens awal feb, tgl 11 mei saya mens, saya kira mens biasa, soalny dari dulu saya seperti itu, trnyata mens tdak selesai sampai 20 hari, akhirny saya kedokter kandungan, ternyta saya positif hamil dok, taapi setelah USg kantong rahim itu sdh tdak ada dok, udh 5 hari saya tespack lagi, apa saya msh hamil dok? Apa masih ada janin dirahim saya dokMksh
17302 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, IT.Perdarahan disertai hasil test pack yang positif merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor seperti perdarahan implantasi, keadaan kandungan yang lemah, hingga keguguran. Ketiga keadaan tersebut terkadang sulit untuk dibedakan karena pada beberapa kasus ciri-cirinya hampir serupa. 

Perdarahan pada kehamilan

Adapun beberapa gambaran umum dari perdarahan pada kehamilan yang meliputi :

Perdarahan implantasi

Perdarahan berupa bercak/flek kecoklatan atau merah dengan volume darah yang sedikit dan durasinya tidak lama. Umumnya berkisar antara 1 hingga 3 hari. Perdarahan implantasi biasanya disertai dengan keluhan kram perut. 

Perdarahan pada kandungan lemah

Perdarahan pada kandungan yang lemah, dapat berupa flek hingga menyerupai darah haid yang berwarna merah. Keadaan perdarahan tersbeut umumnya terjadi pada Ibu dengan kondisi kandungan yang mengalami gangguan dan melakukan aktivitas tertentu yang melebihi batas ketahan kandungan tersebut. Ketahanan kandungan dapat berbeda pada setiap Ibu hamil. Faktor penyebab dari kandungan yang lemah sendiri dapat beragam dan umum berhubungan dengan kondisi alat reproduksi wanita dan hormon pengaturnya.

Perdarahan pada keguguran

Perdarahan pada kondisi keguguran dapat terjadi lebih berat dari perdarahan pada dua kondisi sebelumnya, yakni dengan volume darah yang lebih banyak dan biasanya disertai gumpalan-gumpalan jaringan yang menyerupai daging dan berwarna merah pekat hingga kehitaman. Keguguran memiliki beberapa macam tingkatan, dari kondisi yang masih bisa dipertahankan hingga keguguran yang mengancam kehamilan. Mengenai keadaan yang Anda alami, mungkin telah terjadi keguguran yang tidak Anda sadari. Untuk memastikan apakah janin masih ada, perlu dipastikan kembali dengan pemeriksaan USG. Untuk sementara hindari aktivitas berlebih dan perbanyaklah istirahat. Ada baiknya untuk memeriksakan diri kembali ke dokter Kandungan agar hasil pemeriksaan lebih akurat.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
keguguranmasalah kehamilanperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil