Tidak suntik KB selama 2 minggu, apakah saya bisa hamil?

PD Info Penanya: PD, Wanita, 19 Tahun
Saya berenti KB suntik selama 2 minggu, setelah nya saya suntik KB lagi yang 3 bulan, secara selama saya ga KB 2 minggu saya berhubungan intim, apakah saya hamil? Karna setelah KB suntik 3 bulan biasa nya sy tidak pernah flek, apalagi mens. Ko ini sy mens ya?? Apakah keguguran atau karna hormon saja? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, P

Jika Anda melewatkan suntik KB, maka sangat mungkin terjadi kehamilan. Efek hormonal dari KB berbeda-beda setiap orang, untuk itu sebaiknya tetap menggunakan kontrasepsi selagi berhubungan intim jika Anda ingin menunda kehamilan.

Anda harus memperhatikan tanda kehamilan berikut ini:

  1. Terlambat menstruasi
  2. Payudara lebih sensitive
  3. Perubahan pada bentuk payudara
  4. Sering buang air kecil
  5. Lebih moody
  6. Mual
  7. Muntah
  8. Mudah lelah
  9. Mengantuk
  10. Lebih peka terhadap bau atau wewangian

Untuk memastikan suatu kehamilan diharapkan test pack ya dengan mencelupkan test pack ke urine pasangan Anda. Hasil positif hamil jika ada dua garis merah pada test pack tersebut. Lalu segera ke dokter kandungan untuk mendapatkan nutrisi tambahan dan mengecek kondisi kehamilannya.

Kapan sebaiknya testpack? Dokter akan meminta Anda untuk melakukan testpack jika sudah terlambat 2 minggu tidak suntik KB dari jadwal seharusnya dan Anda telah melakukan hubungan intim selama masa tidak melakukan suntik KB.

Jika terdapat pendarahan, dapat berupa menstruasi atau darah pembuahan yang menandakan Anda hamil. Sebaiknya Anda ke dokter kandungan ya untuk memeriksakannya.

Salam Sehat,

dr. Karlina Lestari

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh L
01 Feb 2020, 08:55
Saya kan jadwalnya suntik kb 3 bulan tp saya tidak suntik kb,,dan saya tidak berhubungan badan sama suami,, itu enggak apa" kan dok,, tidak menyebabkan kehamilan
Dibalas oleh NN
11 Feb 2020, 06:28
Dok mau tanya.......lupa suntik kb udah 3 hri,udah terlnjur berhubungan satu kali . Tpi skarang udah kmbli suntik lagi..apa bisa hamil dok
Dibalas oleh N
23 Feb 2020, 06:23
Dok saya mau tanya kan kb suntik 3bln telat 1minggu sblm satu minggu saya berhubungan intim dgn suami tpy hari ini perut ku terasa gk nyaman dan punggungku terasa sakit dok?? Gmna solusi nya dok
Dibalas oleh AY
24 Feb 2020, 14:29
Halo dok saya kan suntik kb yg 3 bulan di bulan pertama dan bulan ke 2 saya masih haid normal tapi sebulan ini saya tidak haid dan saya udah lepas kb ampir 2 minggu ini dan saya masih juga tidak haid itu kenapa ya saya juga suka merasa kram perut bawah dan suka mual sesudah makan
Dibalas oleh NN
24 Feb 2020, 22:49
Sya brhnti sntik kb Di akhir blan sya msti nya. Mau suntik kb n itu jga trakhir sya brhubungan. N smpai Skrang sya ta da suntik n tk da brhbungan.. Trus mcam mna dok.. Pa kah bisa jdi khmilan dok.. Smntra sya blum siap Lgi mau pnya ank.. Krna ank sya msih kcil..
Dibalas oleh NN
24 Feb 2020, 22:50
Sya brhnti sntik kb Di akhir blan sya msti nya. Mau suntik kb n itu jga trakhir sya brhubungan. N smpai Skrang sya ta da suntik n tk da brhbungan.. Trus mcam mna dok.. Pa kah bisa jdi khmilan dok.. Smntra sya blum siap Lgi mau pnya ank.. Krna ank sya msih kcil..
Dibalas oleh NH
07 Mar 2020, 21:55
Mlm dok.sya mau tanya.klw suntik kb 3.bulan.brhubunga tiap hari.apakah bisa hamil atau tidak dok...mohon di jawab dok trimakasih
Dibalas oleh VS
23 May 2020, 05:47
Dok saya kan tanggal pas hari ini KB cuma smlm saya lupa ke bidan saya berhubngan intim sama suami saya apa saya hamil dok saya blum siap dok. Tolong minta pertanyaan dok agar saya siang ini ke bidan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 May 2020, 11:24
Selamat siang VS,
Maaf sebelumnya KB apa yang Anda gunakan? Jika KB Suntik, Anda terlambat 1 atau 2 hari penyuntikan tidak apa-apa, namun sebaiknya jangan sering seperti itu ya bu, untuk proses terjadinya kehamilan tidak bisa saya pastikan, karena proses pembuahan atau terjadinya kehamilan hanya Tuhan yang tau. Namun jika Anda sudah menggunakan KB suntik sebelumnya dan rutin suntik, peluang untuk terjadi kehamilannya kecil, karena tingkat keakuratan KB suntik cukup tinggi.
Salam sehat.
Dibalas oleh MM
31 May 2020, 09:06
Saya telat suntik 4 hr,mau suntik kb hrs nungu mens dulu,tp smpi 5 mggu blm jg mens..tp saya msh berhubungan..apakah mgkn bs hamil lg dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
01 Jun 2020, 16:45
Selamat sore, MM.
Kemungkinan kehamilan tetap ada jika terdapat riwayat berhubungan tanpa penggunaan alat kontrasepsi. Jika Anda khawatir, sembari menunggu masa menstruasi untuk kembali menjalani suntik KB, Anda dan pasangan dapat menggunakan kondom. Sebelumnya dapat dipastikan dengan melakukan test pack.
Salam sehat
Dibalas oleh RN
11 Jun 2020, 16:41
Dok saya suntik KB yang tiga bulan hampir 4 tahun tidak dapet haid , sekarang saya sudah satu bulan lebih tidak KB , dan sekarang saya mau suntik KB lagi , apa gak pp dok , sedangkan saya sudah tanya bidan katanya kalau mau suntik KB lagi harus nunggu haid dulu apa benar itu dok trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
12 Jun 2020, 08:25
Selamat siang RN,
Penggunaan KB suntik akan memiliki efek ke dalam tubuh, salah satunya adalah hormonal. Bisa menyebabkan tidak haid sama sekali atau bisa haid diluar siklus menstruasi, sebaiknya Anda lakukan testpack terlebih dahulu. Jika testpack negatif, melanjutkan suntik KB tidak apa-apa. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.
Salam sehat.
Dibalas oleh AN*
15 Jun 2020, 08:18
Dok mau tanya.. Saya lepas KB suntik yg 3 bulan.. Tap kenapa sudah 4 bulan tidak haid. Padahal tidak berhubungan intim.. Karena suami tidak Ada..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 Jun 2020, 08:15
Selamat pagi, AN
Suntik KB adalah salah satu alat kontrasepsi hormonal. Beberapa kekurangan dari suntik KB adalah siklus haid tidak teratur (atau bahkan tidak haid), timbul jerawat, sakit kepala, rasa tidak nyaman pad aperut dan atau payudara, berat badan bertambah, dan lain sebagainya. Bilamana sudah 4 bulan tidak haid setelah berhenti menggunakan KB, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mengetahui penyebabnya.
Terima kasih.
Dibalas oleh SU
25 Jun 2020, 08:43
Dok saya pengguna suntik kb 1 bulan. saya telat kb 1 minggu lalu kembali suntik lg. Harus jangka berapa hari untuk berhubungan dok ? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Jun 2020, 22:45
Selamat malam,
Jika terlambat suntik KB ada baiknya menunda 7 hari setelah suntik baru kembali berhubungan, atau bisa segera berhubungan tetapi menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom misalnya. Salam sehat.
Dibalas oleh SU
22 Jul 2020, 23:29
Malam dok .. tgl 9 Mei kemarin saya ikut KB suntik 3 bulan, namun sya tidak merasa nyaman, sering pusing dan mual.. lalu saya putuskan untuk tidak melanjutkan lagi, saya dapat jadwal suntik lg tgl 9 Juli , tp sya tidak KB lagi jg tidak KB yg lain.. rencana menunggu haid untuk KB iud.. selama jeda menunggu haid saya tidak berhubungan? Apakah sya bs hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 Jul 2020, 19:55
Selamat malam,
Selama jeda menunggu, Anda dan suami dapat tetap berhubungan dengan cacatan perlu menggunakan kondom agar kemungkinan kehamilan dapat ditekan sedemikian rupa. Jika memang tidak berhubungan tentunya peluang kehamilan tidak ada.
Salam sehat
Dibalas oleh SM
24 Jul 2020, 21:47
Dok sy pakai suntik KB 3x dlm sebulan. Sy telat suntik KB 8 hari dn sy sudh HB slm telat to. Apakah sy bisa hamil cz anak sy masih ASI baru usia 1 th 7 buln.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jul 2020, 11:16
Selamat siang SM
Apabila dilakukan secara rutin dan terjadwal, efektifitas suntik KB dalam menunda kehamilan mencapai 99%, semakin tidak terjadwal semakin besar peluang terjadinya kehamilan. Sehingga, bisa saja Anda hamil. Sebelum melakukan suntik KB kembali, sebaiknya lakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Periksalah dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG serta menentukan jenois alat kontrasepsi yang sesuai bagi Anda.
Terima kasih.
Dibalas oleh SM
07 Aug 2020, 22:58
Sya kb 3 bulan,,, Dan sebelum tanggal nya suntik sya berhubungan badan dan sya langsung mens setelah mens sya lambat kb 2 hari dan berubungan bada 2 atau 3 xli apakah bisa hamil,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Aug 2020, 12:27
selamat pagi ,
Jika suntik kb sudah rutin jika terlambat 2 hari bisa tidak terjadi kehamilan, tetapi untuk berikutnya perlu rutin suntik kb sesuai jadwal, Jika terlambat dan ingin berhubungan seksual bisa gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, wanita mengalami kram perut saat dalam masa PMS

Tips Meringankan Gejala PMS yang Datang Setiap Bulan

PMS adalah suatu proses normal dialami oleh wanita yang mengalami menstruasi. Sebagian wanita mengalami gejala PMS pada masa subur, seperti kram perut dan nyeri sendi. Mesikipun penyebab PMS belum diketahui, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala PMS. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila gejala PMS dirasa terlalu menganggu aktivitas.