Tidak sengaja menelan staples, apakah bahaya dan bisa masuk paru-paru?

S Info Penanya: S, Wanita, 16 Tahun
Dok,beberapa hari yg lalu saya ga sengaja menelan biji Staples, ukurannya besar. Apakah bahaya? apakah Mungkin masuk ke paru-paru? Soalnya ada teman saya yg ketelen jarum dan masuk ke paru-paru.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada saat anda melakukan proses menelan maka pintu saluran pernafasan akan tertutup secara otomatis agar tidak ada makanan yang masuk saluran pencernaan dan mengakibatkan anda tersedak. Bila ada benda asing yang menyetuh pintu tersebut akan mengakibatkan refleks batuk. Pintu yang dimaksud adalah pita suara yang pada saat anda bicara akan sedikit membuka atau menutup untuk menghasilkan suara tertentu.

Benda asing dalam hal ini staples akan masuk pencernaan anda. Dan karena terbuat dari besi staples tersebut tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh dan biasanya akan keluar dalam bentuk staples setelah beberapa hari. Kemungkinan staples tersebut bisa melukai dinding usus lebih besar dibandingkan staples tersebut masuk saluran pernafasan. Berikut saya lampirkan artikel mengenai pertolongan pertama pada saat anda atau orang di sekitar anda tersedak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pneumonia hanya bisa disembuhkan dengan obat yang diresepkan oleh dokter

Bisakah Obat-Obatan Herbal Jadi Pengobatan Pneumonia?

Penyakit pneumonia tidak bisa diatasi oleh obat-obatan herbal. Meski demikian, penggunaan obat herbal dapat meringankan gejala pneumonia. Pengobatan herbal gejala pneumonia seperti teh herbal, jahe dan kunyit.