Tidak sengaja menelan staples, apakah bahaya dan bisa masuk paru-paru?

S Info Penanya: S, Wanita, 16 Tahun
Dok,beberapa hari yg lalu saya ga sengaja menelan biji Staples, ukurannya besar. Apakah bahaya? apakah Mungkin masuk ke paru-paru? Soalnya ada teman saya yg ketelen jarum dan masuk ke paru-paru.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada saat anda melakukan proses menelan maka pintu saluran pernafasan akan tertutup secara otomatis agar tidak ada makanan yang masuk saluran pencernaan dan mengakibatkan anda tersedak. Bila ada benda asing yang menyetuh pintu tersebut akan mengakibatkan refleks batuk. Pintu yang dimaksud adalah pita suara yang pada saat anda bicara akan sedikit membuka atau menutup untuk menghasilkan suara tertentu.

Benda asing dalam hal ini staples akan masuk pencernaan anda. Dan karena terbuat dari besi staples tersebut tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh dan biasanya akan keluar dalam bentuk staples setelah beberapa hari. Kemungkinan staples tersebut bisa melukai dinding usus lebih besar dibandingkan staples tersebut masuk saluran pernafasan. Berikut saya lampirkan artikel mengenai pertolongan pertama pada saat anda atau orang di sekitar anda tersedak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AH
23 Feb 2020, 21:38
Dok bagaimana kalau misalnya sudah tertelan posisinya gimana?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Mar 2020, 10:01
Karena staples tidak bisa dicerna oleh usus, biasanya akan keluar sendiri ya melalui feses, AH.
Dibalas oleh AH
19 Mar 2020, 20:11
Dok bagaimana kalo tenggorokan mengganjal tapi tidak sakit...tapi kaya ngerasa ada benda yg nyangkut gitu takutnya steples..buat makan ga sakit dok itu apa steples atau karena apa dok mohon jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
20 Mar 2020, 10:02
Nyeri tenggorokan bisa disebabkan karena hal lain, seperti infeksi yang membuat peradangan ya, AH. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT apabila nyeri tak kunjung reda lebih dari tiga hari. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkopneumonia pada anak merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada balita

Bronkopneumonia pada Anak, Penyakit “Pembunuh” yang Perlu Diwaspadai

Bronkopneumonia pada anak terjadi ketika ada peradangan dalam paru-paru, idealnya bisa sembuh setelah 3 minggu. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada balita.