Tidak sengaja berpegangan dengan orang HbsAg dan memegang darahnya

D Info Penanya: D, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.Jadi gini dok, saya tidak sengaja berpegangan dengan orang yang berpenyakit HbsAg, dan posisinya saya tak sengaja memegang darahnya. saya lupa cuci tangan atau engga, terus kemudian saya makan, disana saya baru dikasih tau kalo dia mengidap penyakit tersebut. saya kaget, kira kira bagai mana dok ? apa saya akan baik -baik saja ? terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Jika terdapat paparan dengan darah pasien hepatitis B secara tidak sengaja mengenai tubuh yang tidak terlindungi seperti terkena tusukan jarum pasien, terkena cipratan darah yang mengenai mukosa kulit dan mata maka dapat menjadi jalur transmisi infeksi hepatitis B. Jika tidak ada paparan luka, transmisi virus hepatitis B bisa saja masuk melalui mikrolesi pada kulit saat paparan. 

Infeksi hepatitis sangat infeksius dan mudah menular dari jalur transmisi tersebut, untuk itu harus segera dilakukan profilaksis perlindungan pasca paparan dengan pemberian series vaksinasi dan imunoglobulin anti hepatitis B pada individu yang belum pernah divaksin hepatiti B. Jika sudah pernah mendapatkan vaksin hepatitis B maka dapat dilakukan booster vaksin lagi untuk meningkatkan respon imun mencegah infeksi. 

Sebaiknya berhati-hati terhadap paparan darah pasien dengan riwayat infeksi hepatitis dan HIV karena resiko transmisi. 

Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) untuk evaluasi lebih lanjut mengenai resiko paparan yang terjadi pada anda.

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hepatitis A bisa ditularkan melalui kontaminasi makanan dan minuman

Petugas Kebersihan Sekolah Jadi Penyebab Wabah Hepatitis A di Depok

Wabah hepatitis A muncul di Depok, Jawa Barat, tepatnya di SMPN 20. Penyebab Hepatitis A adalah virus yang menyebar lewat feses maupun makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.