Tidak semangat karena amandel mengganggu

PY Info Penanya: PY
Assalamu'alaikum maaf mengangu mau bertanya keluhan pada diri saya doc ..saya mempunyai penyakit amandel sejak kelas 6 SD ..keadaan tubuh saya lemas, tidak semangat menjalani aktivitas sehari-hari nya . Apakah dokter bisa menyarankan saya untuk menindaklanjuti masalah penyakit saya doc ..maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu .. terimakasih ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Mbak PY,

Penyakit amandel ialah peradangan dari organ yang seperti pilar pada sisi kiri dan kanan pangkal lidah, disebakan oleh virus dari udara, bakteri dari makanan yang tercemar atau dari penderita lain yang batuk dan pilek, dan bisa juga dikarenakan kebiasaan makan dan minum yang salah. Amandel akan membengkak sebagai reaksi tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk mengatasi infeksi pada saluran pencernaan atas yaitu mulut dan kerongkongan.

Gejala radang amandel ialah demam, lemas, sakit kepala, sulit menelan, bau mulut, juga benjolan di leher. Penyakit amandel paling sering mengenai anak usia 3- 7 tahun dikarenakan pada umur tersebut organ amandel sedang aktif-aktifnya bekerja melawan infeksi.

Penyebab amandel yang selalu mengganggu mbak PY dan menyebabkan lemas dapat merupakan:
  1. Tonsilitis kronis. Merupakan peradangan amandel yang terjadi terus menerus atau berulang-ulang lewat 1 bulan. Terjadi karena ada amandel sudah mengalami kerusakan pada sebagian strukturnya yaitu terlalu besar, permukaan tidak rata, dan banyak sisa kotoran dan kuman di dalamnya. Bukannya menjadi organ pertahanan amandel yang sudah berubah struktur ini menjadi tempat bersarangnya kuman dan sisa makanan dan menjadi sumber penyebaran kuman sehingga selalu demam.
  2. OSA atau Obstructive sleep apnea. Akibat pembengkakan pada organ lymphoid (kumpulan sel darah putih) pada tenggorokan dan kerongkongan yaitu adenoid dan tonsil maka ketika penderita tidur pertukaran udara terganggu karena saluran napas menyempit. Gejalanya ialah penderita mengorok, menarik napas berat dan dalam terkadang ada periode henti napas, dan penderita mengantuk keesokan harinya karena pertukaran oksigen yang tidak baik
  3. Adanya tumor pada daerah amandel. Tumor atau daging tumbuh adalah pertumbuhan sel abnormal, tumor amandel dapat terjadi karena perubahan lokal amandel menjadi abnormal atau sebagai bagian dari kanker sel darah. Gejalanya dapat amandel nyeri dan berdarah, penderita lemas, tidak napsu makan, berat badan turun, adanya mimisan atau gusi berdarah, dan pembesaran limpa di perut.

Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis THT mengenai kemungkinan penyakit amandel, dokter akan memberikan antibiotik, obat cuci mulut, dan obat pembengkakan yang sesuai agar amandel tidak lagi mengganggu. Bila keluhan tersebut menetap lebih dari sebulan maka operasi pengangkatan amandel atau tonsilektomi juga menjadi salah satu opsi penanganan radang amandel. Dokter THT akan menyarankan operasi bila tonsilitis kronis, antibiotik tidak efektif, menyebabkan gangguan pernapasan dan mengorok, juga apabila ditemukan tumor amandel. Operasi amandel menggunakan obat bius total, dan membutuhkan waktu setidaknya 7-14 hari untuk masa pemulihan.

Untuk sementara mbak dapat minum paracetamol bila demam atau sakit tenggorokan, mengkonsumsi makanan lunak dan tidak panas, menghindari asam dan pedas, istirahat cukup dan banyak minum air hangat, dan berkumur dengan obat antiseptik dengan mendongak dan bilas tenggorokan agar amandel tidak dihinggapi kuman (gargle). Baca juga pantangan makan amandel berikut ya.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biaya operasi Caesar dengan indikasi medis dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Biaya Operasi Caesar Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Syaratnya

Seperti halnya operasi besar lain, ada beberapa risiko pada persalinan melalui prosedur Caesar. Selain risiko tersebut, mungkin yang juga Anda pertimbangkan adalah biaya operasi Caesar. Namun tenang saja, BPJS Kesehatan menanggung biaya persalinan melalui prosedur Caesar.