Tidak pernah haid selama suntik KB 3 bulan apa wajar?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya ibu berusia 33 thun semenjak ank saya lahir setelah 40 hari saya suntik Kb yg 3 bulan sekali,,,setelah sampai 6 tahun ini saya tidak haid haid apa lagi plek,,,saya masih rutin suntik kb selama 3 bulan sekali,,pertanya'an saya apakah saya harus di lepas dulu kb nya biar dpt haid lagi,,atau kah saya ganti kb yg suntik sebulan sekali!? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak diminati karena sangat praktis dan tidak perlu mengingat minum pil setiap hari.

Berbagai metode kontrasepsi memiliki berbagai efek samping seperti:

  • Gangguan siklus haid, mulai dari siklus haid yang tidak teratur, haid hanya sedikit, haid semakin banyak, atau justru tidak haid samasekali.
  • Muka menjadi lebih berminyak dan mudah berjerawat.
  • Berat badan semakin meningkat.
  • Menurunnya gairah seksual.

Perihal tidak haid yang Anda alami bisa disebabkan efek samping KB atau adanya gangguan yang lain seperti PCOS, adenomiosis, dll. Sebaiknya lakukan USG ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya. Bila tidak ada masalah pada organ reproduksi Anda dan Anda ingin mendapat haid lagi maka Anda bisa beralih ke metode kontrasepsi yang lain misal pil KB, suntik KB yang 1 bulan sekali, implan, atau IUD.

Selain itu jalankan p0la hidup sehat dengan banyak makan sayur, buah, kacang-kacangan, rutin berolahraga, jangan merokok, minum air minimal 2 liter/ hari dan istirahat secara teratur jangan bergadang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.