28 May 2021, 19:35Kandungan

Apakah suntik KB mengakibatkan kemandulan?

MF
Info Penanya: MF0
ass dok sy mau bertanya selama sy suntik KB 3 bln tidak pernah haid dan sekrang sdah tidak suntik lg selama 5 bln tpi tetap saja tidak haid apakah selama sy tidak suntik KB lg dan tidak haid bisa hamil dok?
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi MF,Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi, dan sering digunakan pasangan suami istri yang mengikuti program Keluarga Berencana (KB). Ada dua jenis suntik, yaitu 1 bulan dan 3 bulan. Suntik 3 bulan, yang Anda gunakan, mengandung hormon progesteron sintetik. Hormon inilah yang bekerja dan mencegah terjadinya kehamilan dengan cara mencegah pematangan sel telur dan mengentalkan lendir rahim. Tapi, hormon ini juga memiliki efek samping mengubah hormon alami tubuh.Perubahan hormon alami tubuh tersebut akan memicu gangguan haid, mulai dari siklus yang tidak teratur hingga tidak haid sama sekali. Biasanya, gangguan haid ini akan terjadi sampai dengan 2-24 bulan setelah lepas suntik. Pasalnya, hormon alami tubuh membutuhkan waktu untuk kembali normal seperti sebelum suntik.Jadi, jika selama lima bulan Anda lepas suntik namun belum haid, mungkin hormon Anda belum seimbang. Jika Anda masih dalam usia subur dan belum menopause, maka seharusnya penggunaan suntik tidak memicu kemandulan, dan Anda masih dapat haid dan hamil kembali sesudahnya.Sementara, coba lakukan beberapa upaya untuk menyeimbangkan hormon tubuh seperti:
  • melakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu
  • makan bergizi seimbang dan perbanyak buah serta sayur
  • tidur 7-9 jam pada malam hari
  • hindari stres dengan rutin melakukan meditasi
Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi organ reproduksi Anda lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil