20 Sep 2021, 18:26Pernapasan

Tidak nyaman di dada dan sedikit sesak, disebabkan apa?

AH
Info Penanya: AH, Pria, 33 Tahun
Dok saya ada keluhan tidak nyaman di dada. Jadi kalau malam suka berdebar2, ketika tidur miring ke kiri atau kanan suara detak jantung terdengar jelas sekali. Kemudian tidak nyaman di bagian dada, sesekali berasa ada yg bergerak, padahal tidak lagi makan. Punggung belakang juga sering berasa pegal. Kemudian tidak nyaman bernafas dari hidung, lebih nyaman bernafas dari mulut. Ini kenapa ya dok?
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Dada terasa berdebar dapat diakibatkan dari mulai psikis hingga adanya penyakit. Beberapa penyebab dada berdebar adalah
  • Stres, cemas, dan gangguan panik. 
  • Merokok, konsumsi kafein, serta alkohol. 
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Peningkatan asam lambung
  • Perubahan hormonal. 
  • Penyakit di saluran napas atau jantung.  

Penyebab berdebar dan sulit bernapas

Keluhan sulit bernapas dan berbedar sebenarnya dapat disebabkan oleh penyakit pada jantung maupun paru-paru. Namun untuk memastikan diagnosa, diperlukan pemeriksaan penunjang misalnya foto rontgent atau pemeriksaan irama jantung yaitu EKG. Keluhan jantung umumnya dapat pula disertai adanya penyakit lain misalnya kolesterol tinggi atau darah tinggi, untuk itu perlu juga dilakukan pemeriksaan menyeluruh apakah keluhan jantung disebabkan oleh adanya penumpukan kolesterol dalam darah ataukah karena penyempitan pembuluh darah akibat darah tinggi.Jika sudah dilakukan pemeriksaan namun tidak ditemukan kelainan apapun, boleh dilakukan evaluasi 1bulan kedepan terhadap keluhan Anda, kemudian kontrol kembali ke dokter spesialis penyakit dalam. Namun jika ada kelainan pada pemeriksaan EKG (rekam jantung) maka Anda bisa melakukan pemeriksaan lansung ke dokter jantung. Untuk sementara, hindari stres, hindari makanan tinggi garam, dan tinggi kolestrol, hindari begadang, rokok, alkohol dan juga kafein, serta lakukan olehraga ringan secara teratur. 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
sakit jantungsesak napasjantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil