Tidak nafsu makan dan badan lemas pada manula, apakah solusinya?

SH Info Penanya: SH, Pria, 2019 Tahun
Dok, bapak saya sudah manula, G doyan makan dan badane lemes tapi g np2 dan tidak sakit perutnya.Kr² obat atau suplemen atau makanan apakah yang cocok untuknya?...Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hilangnya selera makan dan penurunan jumlah makanan yang masuk memang sering dialami akibat dari penuaan. Selain menyebabkan lemas, kelelahan, tulang rapuh dan bisa juga kematian. Faktor penyebabnya dari fisik yang membatasi aktivitas sehari-hari, gangguan fungsi indera penglihatan dan pendengaran sehingga selera makan berkurang. Faktor medis misalnya adanya penyakit kronis dan obat-obatan yang diminum. Kemudian jangan lupakan faktor sosial, misalnya depresi karena ditinggal pasangannya atau tinggal sendirian jauh dari anak cucunya.

Beberapa mekanisme terjadi gangguan tersebut karena penurunan fungsi indera penciuman dan pengecap. Dimulai dari rasa asin dan manis. Sehingga produksi air liur berkurang dan berkurangnya interaksi makanan dengan lidah sebagai indera pengecap. Kemudian hormon ghrelin yang membuat lapar terhambat akibat produksi hormon insulin dan leptin yang meningkat pada lansia. Fungsi organ pencernaan juga menurun, sehingga pengosongan lambung berlangsung lebih lambat dan membuat rasa kenyang.

Sebaiknya anda bawa orangtua anda berkonsultasi dengan Dokter untuk evaluasi apakah ada penyakit kronis yang sedang diderita dan juga anda dapat diskusi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik untuk mendapatkan terapi dan nutrisi yang sesuai. Beberapa hal yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengan :

  1. Membuat makanan terlihat menarik dan lebih enak dengan bumbu-bumbu tertentu.
  2. Menganjurkan makan sedikit-sedikit namun sering.
  3. Menyediakan cemilan yang disukai dan menganjurkan mereka untuk sering mengemil.
  4. Mengajak makan bersama

Berikut artikel mengenai rekomendasi makanan sehat untuk lansia untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab tuli konduktif adalah penumpukan kotoran telinga

Benarkah Kotoran Telinga Jadi Penyebab Tuli Konduktif pada Lansia?

Tuli konduktif adalah salah satu gangguan pendengaran yang berisiko dialami lansia. Tuli konduktif ini menyebabkan penurunan fungsi pendengaran (hearing loss) atau ketulian (deafness).